Sistem Pendukung Keputusan Penyediaan Stok Suku Cadang Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Garansindo Inter Global)

DIMAS ESPINOSA

Informasi Dasar

17.06.851
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sistem Pendukung Keputusan Penyediaan Stok Suku Cadang dengan Metode Analytical Hierarchy Process di Garansindo Inter Global adalah sebuah sistem pendukung keputusan yang memberikan rekomendasi suku cadang yang akan dibeli dengan melihat sudut pandang tingkat kepentingan kriteria dari suku cadang. Sistem ini dibangun menggunakan data-data yang berasal dari proyek akhir sebelumnya, dan memiliki fungsionalitas yang sama dengan sistem yang sudah ada saat ini tetapi menggunakan metode yang berbeda yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem ini dibangun mengacu kepada proses bisnis yang sudah ada, dan tidak mengubah proses bisnis tersebut. Sistem ini dibangun menggunakan tools Unified Modeling Language (UML), yEd Graph Editor, dan ERDPlus untuk membuat desain aplikasi dan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQL. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode black box testing yang bertujuan untuk memastikan bahwa aplikasi telah sesuai dengan analisis desain. Black box testing merupakan strategi pengujian yang memperhatikan hasil berupa tampilan aplikasi tanpa melihat source code. Jadi, sistem ini mampu memberikan rekomendasi berupa peringkat suku cadang yang akan dipilih untuk dilakukan proses pemesanan berdasarkan tingkat kepentingan kriteria suku cadang di Garansindo Inter Global. Aplikasi ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan keterlambatan penyediaan stok suku cadang yang dapat menghambat proses service kendaraan, sehingga setiap adanya kebutuhan akan suku cadang yang diperlukan untuk proses service kendaraan maka stok suku cadang akan selalu tersedia dan siap untuk digunakan.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Suku Cadang, Analytical Hierarchy Process, Garansindo Inter Global, PHP

Subjek

Database Management System
 

Katalog

Sistem Pendukung Keputusan Penyediaan Stok Suku Cadang Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus : Garansindo Inter Global)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS ESPINOSA
Perorangan
Siska Komala Sari, Suryatiningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini