RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH PINTAR BERBASIS IOT (DESIGN SMART GARBAGE BASED IOT)

RIYAN HADI PUTRA

Informasi Dasar

17.06.959
004.21
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Tempat sampah adalah tempat untuk menampung sampah secara sementara. Beberapa tempat umum seperti taman, pasar, dan komplek memiliki tempat sampah yang dapat ditemukan di pinggir jalan. Ketika tingkat ketinggian tempat sampah sudah penuh tempat sampah harus segera diangkut,jika tidak segera diangkut dapat menyebabkan bau tidak sedap, hal ini dapat mengganggu lingkungan menjadi tidak nyaman.

Pada perancangan hardware yang digunakan yaitu sensor ultrasonik, modul GSM dan GPS serta Arduino UNO. Sensor ultrasonik, modul GSM dan GPS terhubung dengan Arduino UNO sebagai mikrokontroler. Sensor ultrasonic mengukur ketinggian sampah. Modul GSM dan GPS berfungsi untuk mengirimkan data kapasitas sampah dan koordinat tempat sampah ke realtime database. Realtime database yang digunakan pada pengerjaan ini yaitu firebase.

Hasil pengujian menunjukan bahwa hardware dapat terintegrasi dengan software. Pada pengukuran data jarak, sensor ultrasonic mengirimkan data ketinggian tempat sampah melalui Arduino UNO yaitu 98%. Keakuratan GPS pada alat 90%, dikarenakan koordinat berubah tetapi tempat pada google maps tidak berubah. Delay rata-rata pengiriman data ketinggian sampah ke firebase adalah 4.51 detik.

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH PINTAR BERBASIS IOT (DESIGN SMART GARBAGE BASED IOT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIYAN HADI PUTRA
Perorangan
Tri Nopiyani Damayanti, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DTG2K3 - APLIKASI MIKROKONTROLER
  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini