TRANSFORMASI DAS KONVENSIONAL INDOOR BUILDING SOLUTION DI TRANS STUDIO MALL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI LAMPSITE

YOGASWARA DAMA RIZKI

Informasi Dasar

17.06.963
621.384 56
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Gedung perbelanjaan merupakan salah satu gedung yang memiliki kepadatan trafik cukup tinggi, sehingga perlu diadakannya pembaruan teknologi seluler. Dan apabila berbicara tentang instalasi jaringan seluler untuk didalam gedung, ini merupakan suatu hal yang sudah menjadi topik permasalahan utama bagi vendor ataupun operator. Kesulitan dalam perihal ijin untuk membangun jaringan seluler didalam gedung sudah tidak bisa dihindarkan lagi, belum ditambah dengan rumitnya dalam segi pemasangan jaringan seluler. Sehingga teknologi Lampsite ini merupakan sebuah solusi dari permasalahan tersebut. Proyek akhir ini dilakukan diarea Trans Studio Mall Bandung. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukannya tranformasi DAS konvensional indoor building solution menggunakan teknologi lampsite.

      Transformasi DAS konvensional indoor building solution dengan menggunakan teknologi lampsite selain untuk memperbaiki jaringan seluler yang ada, berfungsi juga untuk mempermudah operator dalam membuat jaringan seluler didalam gedung. Proyek Akhir ini memiliki 3 tahap yaitu pengecekan hasil jaringan seluler sebelum ditransformasi mengunakan teknologi lampsite, pengecekan hasil jaringan seluler setelah ditransformasi menggunakan teknologi lampsite, dan yang terakhir membandingkan sekaligus menganalisa hasil sebelum ditransformasi menggunakan teknologi lampsite dengan hasil setelah ditransformasi menggunakan teknologi lampsite. Parameter yang akan dianalisis adalah RSL dan SIR.

      Hasil transformasi DAS konvensional indoor building solution di Trans Studio Mall dengan menggunakan teknologi Lampsite ini diperoleh nilai RSL untuk lantai dasar, 1 dan 2 yaitu -21,63 dBm, -22,62 dBm, dan -23,99. Untuk nilai SIR diperoleh dari hasil simulasi pada lantai dasar, 1 dan 2 yaitu 15,58 dB, 22,62 dB dan 16,31 dB. Dari hasil simulasi yang diperoleh, transformasi DAS konvensional indoor building solution dengan menggunakan teknologi Lampsite telah memenuhi KPI (Key Performance Indicator) dari operator Telkomsel.

Kata kunci : Lampsite, Coverage planning, Capacity Planning, RSL, SIR

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

TRANSFORMASI DAS KONVENSIONAL INDOOR BUILDING SOLUTION DI TRANS STUDIO MALL DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI LAMPSITE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOGASWARA DAMA RIZKI
Perorangan
Yuyun Siti Rohmah, Hery Pamuliyantoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1E3 - DASAR TEKNIK TELEKOMUNIKASI
  • DTH2M3 - SISTEM KOMUNIKASI SELULER
  • DTG2G3 - TEKNIK PERANCANGAN JARINGAN AKSES SELULER

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini