Rancang Bangun Aplikasi Android dan SMS Gateway Untuk Kanopi Otomatis menggunakan Sensor Suhu dan Kelembapan Berbasis Mikrokontroler dengan Metode Modified Fuzzy.

CHAIRANI SAFIRA RATRI

Informasi Dasar

17.06.985
005.43
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam hal pekerjaan rumah tangga khususnya dalam menjemur pakaian, seorang ibu yang menjadi wanita karir tidak dapat mengambil pakaian jika hujan turun karena sedang berada diluar rumah. Akibatnya pakaian yang sudah dijemur menjadi basah kembali. Namun, jika tempat penjemuran pakaian terdapat kanopi mungkin akan lebih meringankan pekerjaan ibu. Kanopi merupakan sejenis atap yang dibuat untuk melindungi bagian luar rumah maupun beberapa bangunan. Seiring, dengan berkembangnya teknologi banyak alat-alat inovasi yang dibuat untuk mempermudah kerja manusia, seperti mikrokontroler dan internet.

Salah satunya adalah kanopi otomatis. Dimana kanopi otomatis akan terbuka jika kondisi cuaca panas dan akan tertutup jika kondisi mendung atau hujan dan kanopi otomatis akan memberitahu kondisi tersebut melalui SMS. Kanopi Otomatis juga dapat memonitoring cuaca saat pakaian sedang dijemur dengan hasil pengujian dari sensor diputuskan menggunakan logika fuzzy. Data tersebut kemudian dikirim ke platform untuk kemudian ditampilkan pada aplikasi android sebagai monitoring cuaca.

Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa fungsi dari aplikasi Kanopi Otomatis dan pemberitahuan kanopi terbuka/tertutup melalui SMS dapat berjalan 100% dengan baik. Delay untuk proses download data rata-rata sebesar 0,676 detik dan delay pemberitahuan SMS kurang lebih sama dengan 30 detik. Jaringan internet sangat berpengaruh dalam proses download data ke platform. Provider SMS juga sangat bergantung dari seberapa cepat provider memproses SMS. Kata kunci :Android,Sensor,SMS,Kanopi Otomatis

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

Rancang Bangun Aplikasi Android dan SMS Gateway Untuk Kanopi Otomatis menggunakan Sensor Suhu dan Kelembapan Berbasis Mikrokontroler dengan Metode Modified Fuzzy.
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHAIRANI SAFIRA RATRI
Perorangan
Unang Sunarya, Aris Hartaman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini