PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT SMART LABORATORY PADA BENGKEL MEKATRONIKA DI UNIVERSITAS TELKOM BERBASIS IOT

AHMAD MUDHOFFAR RABBANI

Informasi Dasar

17.06.991
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Perkembangan teknologi Internet of Things (IoT) belakangan ini semakin banyak dibutuhkan. Teknologi IoT umumnya dikembangkan sebagai solusi kebutuhan untuk meningkatkan pemantauan jarak jauh melalui internet. Kebutuhan pada Laboratorium Bengkel Mekatronika di Universitas Telkom yaitu memiliki aset yang perlu dijaga dan kondisi laboratorium yang perlu dipantau, selain itu kelalaian pengguna laboratorium yang lupa menonaktifkan fasilitas setelah digunakan dan tidak efisiennya fasilitas AC dan Exhaust saat digunakan bersamaan yang dapat menyebabkan suhu di dalam laboratorium tidak sejuk. Oleh sebab itu diperlukan Perangkat Smart Laboratory berbasis IoT.

Perangkat Smart Laboratory memanfaatkan Mikrokontroler WeMos D1 Mini yang sudah terintegrasi dengan modul ESP8266. Dengan konsep WSN (Wireless Sensor Network) implementasi perangkat dibagi menjadi tiga Nodes. Setiap node memiliki sensor untuk mengambil data sebagai input untuk dikirimkan secara real-time ke Firebase. Sensor digunakan untuk pemantauan fasilitas, kebisingan, aktivitas, keamanan, suhu dan kelembaban dalam ruangan.

Diterapkannya Perangkat Smart Laboratory berbasis IoT pada Bengkel Mekatronika terbukti membantu proses pemantauan ruangan dan kontrol fasilitas Exhaust dengan rata-rata delay 2,3 detik untuk proses kontrol dari aplikasi dan 5,3 detik untuk kontrol otomatis dengan data usage download rata-rata 1Kb per perintah sehingga akhirnya menyediakan layanan pemantauan secara real-time dan kontrol cerdas dari mana saja.

Kata Kunci: Firebase, Internet of Things, Smart laboratory

Subjek

MIKROKONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT SMART LABORATORY PADA BENGKEL MEKATRONIKA DI UNIVERSITAS TELKOM BERBASIS IOT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD MUDHOFFAR RABBANI
Perorangan
Tengku Ahmad Riza, Dadan Nur Ramadan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini