PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOKASI KERETA API BERBASIS WEBSITE

DWIKI NURRAHMAN

Informasi Dasar

17.06.1003
005.36
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

Penyedia layanan jasa transportasi darat yaitu kereta api di Indonesia khususnya Bandung saat ini masih belum memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi. Para pengguna jasa kereta api membutuhkan informasi lokasi keberadaan kereta api yang realtime. Akan tetapi, sampai saat ini belum terdapat menu sistem informasi lokasi kereta api.

Berdasarkan permasalahan diatas pada proyek akhir ini dirancang sistem informasi lokasi kereta api berbasis website. Pada perancangan sistem informasi ini menggunakan framework codeigniter sebagai aplikasi dasar pembuatan website dinamis dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan Mysql sebagai database sistem. Sistem informasi ini dirancang berdasarkan hasil survei dari koresponden 279 pengguna dan pihak kereta api Indonesia. Pengujian pada sistem ini antara lain adalah mengukur eror beban server dengan jumlah pengguna yang berbeda yang menggunakan software webserver stress tool.

Hasil pengujian fungsionalitas menunjukan bahwa semua fitur pada sistem dapat difungsikan sesuai dengan perancangan sistem. Pada pengujian performansi telah dilakukan dengan jumlah 5 pengguna terjadi error 0%, dengan jumlah 10 pengguna terjadi error 0%, dengan jumlah 50 pengguna terjadi error 0%, dengan jumlah 100 pengguna terjadi error sebesar 0,2%, dengan jumlah 300 pengguna terjadi error sebesar 7.47%, dengan jumlah 500 pengguna terjadi error sebsar 17.62%, dengan jumlah 700 pengguna terjadi error sebesar 31.05% dan dengan jumlah 1000 pengguna error terjadi sebesar 45.61%. Dari pengujian subjektifitas mendapatkan nilai rata- rata MOS yaitu 4.87 berarti sistem yang dibuat sudah baik dan bermaanfaat untuk digunakan.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Lokasi kereta api, Website.

Subjek

Information system web
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOKASI KERETA API BERBASIS WEBSITE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWIKI NURRAHMAN
Perorangan
Hasanah Putri, Iman Ahmad Setyawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DTH2C2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS
  • VTI2J2 - BENGKEL INTERNET OF THINGS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini