PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR SERVO BERBASIS ARDUINO

RANDI YUSUF NASUTION

Informasi Dasar

611110045
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling digemari, dan dapat dimainkan oleh semua orang. Saat ini masih banyak ditemukan pengguna gitar yang bisa memainkan gitar tetapi tidak bisa melakukan tuning senar gitar dengan baik. Jika dilakukan manual juga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil tuning yang akurat. Hal ini dap at diatasi dengan perkembangan teknologi. Pengguna gitar sekarang ini dapat melakukan t uning senar lebih mudah dan lebih cepat dengan tingkat toleransi kesalahan frekuensi tuning ± 1 Hz dengan menggunakan tuner gitar otomatis
Alat tuner gitar otomatis ini membantu para pengguna gitar untuk melakukan tuning gitar secara otomatis. Motor servo akan memutar secara otomatis untuk melakukan tuning setelah mendapat informasi dari arduino yang telah selesai mendeteksi dan membandingkan frekuensi senar yang diterima arduino dari hasil petikan senar dengan correct frekuensi yang telah diprogram pada arduino. Terdapat selector switch untuk memilih senar mana yang akan diatur dan Op amp untuk menguatkan amplitudo gelombang suara hasil petikan agar dapat dibaca arduino d engan mudah.
Hasil dari proyek akhir ini adalah alat yang dapat membantu pengguna gitar melakukan tuning senar gitar secara otomatis dengan tingkat kesalahan maksimum ± 1 Hz dari standar frekuensi setiap nada senar gitar yang telah ditetapkan.

Subjek

ARDUINO
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR OTOMATIS DENGAN PENGGERAK MOTOR SERVO BERBASIS ARDUINO
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANDI YUSUF NASUTION
Perorangan
Hasanah Putri, ST.,MT. , Yuli Sun Hariyani, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini