PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN UNTUK MENINGKATKAN SERVICE LEVEL DENGAN PENDEKATAN CONTINUOUS REVIEW (s,S) dan TCHEBYCHEFF PADA PERSEDIAAN MATERIAL PEMASANGAN BARU PT PLN (PERSERO) AREA BANJARMASIN

AHMAD RUSDI ILHAM

Informasi Dasar

17.04.3477
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT PLN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penyedia tenaga listrik. Tugas dari PT PLN (Persero) adalah melakukan instalasi pemasangan baru listrik. Dalam proses pemasangan baru dibutuhkan material untuk melakukan instalasi pemasangan baru, penyimpanan material pemasangan baru di simpan pada gudang Indoor dan Outdoor.

PT PLN (Persero) belum memiliki kebijakan inventori dalam proses persediaan material, sehingga mengakibatkan terjadinya stock out dan rendahnya service level PT PLN (Persero) Area Banjarmasin.

Permintaan material pemasangan cenderung fluktuatif sehingga penjualan bersifat probabilistik namun ada beberapa material yang distribusi permintaannya tidak diketahui. Pada penelitian ini dilakukan penerapan metode probabilistik model Continuous review (s,S) System dan tchebycheff yang bertujuan untuk menentukan parameter persediaan yang mendekati optimal dengan interval dan ukuran jumlah pemesanan yang optimum, reorder point, safety stock untuk setiap material pemasangan baru, sehingga dapat meningkatkan service level.

Hasil dari metode probabilistik model continuous review (s,S) System dan tchebycheef ini didapatkan ukuran lot persediaan, safety stock, reorder point yang optimal. Meminimasi ongkos total persediaan sampai dengan 62,1% pada gudang Outdoor, 66,8% pada gudang Indoor, dan meningkatkan service level 13%.

Kata Kunci : Inventori, Probabilistik, Outstock, Continuous review (s,S) System, Tchebycheff.

Subjek

Industri engineering
 

Katalog

PERENCANAAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN UNTUK MENINGKATKAN SERVICE LEVEL DENGAN PENDEKATAN CONTINUOUS REVIEW (s,S) dan TCHEBYCHEFF PADA PERSEDIAAN MATERIAL PEMASANGAN BARU PT PLN (PERSERO) AREA BANJARMASIN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD RUSDI ILHAM
Perorangan
Sri Martini, Rio Aurachman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini