PENGUNGKAPAN DIRI PENGGUNA KENCAN ONLINE SETIPE.COM (STUDI KASUS PADA PASANGAN KENCAN ONLINE SETIPE.COM YANG BERHASIL MENIKAH)

MARIA FIRSTYA MULANDANI SITOMPUL

Informasi Dasar

17.04.3480
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan teknologi yang semakin canggih dan komunikasi yang semakin global, maka tidak mengherankan bahwa masyarakat mulai mencoba bahkan nyaman untuk mencari pasangan secara online. Seperti adanya kencan online Setipe.com yang kerap kali membantu para penggunanya untuk mendapat pasangan hidup. Pada tahun 2017, kencan online Setipe.com tercatat sudah memiliki 184 pasangan yang berhasil hingga ke pernikahan. Keberhasilan hubungan para pengguna kencan online Setipe.com tersebut tentu memiliki proses yang cukup panjang dibaliknya dan hal inilah yang menarik untuk diangkat kedalam penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengungkapan diri pasangan kencan online Setipe.com hingga menikah yang dilakukan pengguna kencan online hingga sampai ke pernikahan serta mengetahui faktor dan dimensi pengungkapan diri pada pengguna kencan online Setipe.com. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, strategi studi kasus dan wawancara mendalam dengan 3 pasangan Setipe.com yang berhasil menikah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat persamaan pasangan Setipe.com yang berhasil menikah yaitu mereka memiliki tujuan pengungkapan diri yang sama yaitu untuk mencari pasangan hidup. Selain itu mereka juga saling melakukan pengungkapan diri untuk perkembangan hubungan mereka. Ditemukan juga perbedaan pengungkapkan diri pada setiap tahap hubungan, semakin tinggi tahapnya maka pengungkapan diri yang dilakukan akan semakin dalam. Dalam cepat atau tidaknya hubungan tersebut berkembang terdapat pula dimensi pengungkapan diri didalamnya. Selain itu terdapat juga urutan faktor pengungkapan diri dari yang paling mempengaruhi pengguna kencan online Setipe.com yaitu: (1)perasaan menyukai, (2)topik, (3)efek diadik, (4)besar kelompok, (5)jenis kelamin, (6)kepribadian.
Kata Kunci: Kencan Online Setipe.com, Pengungkapan Diri, Penetrasi Sosial, Menikah

Subjek

INTERPERSONAL COMMUNICATION
 

Katalog

PENGUNGKAPAN DIRI PENGGUNA KENCAN ONLINE SETIPE.COM (STUDI KASUS PADA PASANGAN KENCAN ONLINE SETIPE.COM YANG BERHASIL MENIKAH)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARIA FIRSTYA MULANDANI SITOMPUL
Perorangan
Diah Agung Esfandari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini