PENGARUH TERPAAN TAYANGAN RELIGI KHAZANAH TRANS 7 TERHADAP SIKAP PEMBINA ORGANISASI MUSLIM KELUARGA REMAJA ISLAM MASJID SALMAN ITB (KARISMA ITB)

NURIZANDHINI SABILLA DHESTU

Informasi Dasar

17.04.3526
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kekuatan televisi yang bersifat audio-visual, menjadikan industri pertelevisian berlomba menyajikan tayangan yang dapat menarik perhatian penonton. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan mutu program siaran televisi pada November – Desember 2015 dan hasilnya ialah tayangan religi menjadi satu-satunya program siaran yang memperoleh nilai indeks 4 sesuai dengan standar mutu program siaran. Objek penelitian, ialah Khazanah TRANS 7 karena merupakan tayangan religi pertama di Indonesia yang mengulas informasi keagamaan dalam bentuk narasi. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Pengaruh Tayangan Religi Khazanah TRANS 7 terhadap Sikap Pembina Organisasi Muslim KARISMA ITB secara simultan dan parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan analisis regresi linier berganda untuk menjawab hipotesis. Teori yang digunakan adalah teori kultivasi. Populasi berjumlah 200 orang, sesuai dengan subjek penelitian, yakni pembina organisasi muslim KARISMA ITB. Sampel sebanyak 67 orang dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling yakni secara random sampling. Analisis yang digunakan ialah korelasi, koefisien determinasi, uji asumsi klasik, uji regresi, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS for Windows. Hasil penelitian menjawab hipotesis, yakni terpaan tayangan religi Khazanah TRANS 7 berpengaruh signifikan sebesar 57,0 % terhadap sikap pembina organisasi muslim KARISMA ITB secara simultan. Sisanya sebesar 43,0 % merupakan kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Variabel X yakni Terpaan Tayangan Religi Khazanah TRANS 7 memiliki 4 sub-variabel; Frekuensi, Durasi, Atensi, dan Konten. Secara parsial, sub-variabel frekuensi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap responden. Sedangkan sub-variabel durasi berpengaruh signifikan sebesar 7,1 % terhadap sikap responden, sub-variabel atensi berpengaruh signifikan sebesar 16,4 % terhadap sikap responden, dan sub-variabel konten berpengaruh signifikan sebesar 26,3 % terhadap sikap responden.

Kata kunci: Terpaan Tayangan Religi, Frekuensi, Durasi, Atensi, Konten, Sikap.

Subjek

Communications
 

Katalog

PENGARUH TERPAAN TAYANGAN RELIGI KHAZANAH TRANS 7 TERHADAP SIKAP PEMBINA ORGANISASI MUSLIM KELUARGA REMAJA ISLAM MASJID SALMAN ITB (KARISMA ITB)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURIZANDHINI SABILLA DHESTU
Perorangan
Ayub Ilfandy Imran
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini