PENGARUH TEKNIK STORYTELLING DALAM PERIKLANAN PRODUK IKEA TERHADAP MINAT BELI PRODUK (STUDI KUANTITATIF IKLAN DENGAN PENDEKATAN STORYTELLING PADA MEDIA YOUTUBE PERIODE SEPTEMBER 2016 - JANUARI 2017)

ABDURRAHMAN PRASETYO

Informasi Dasar

17.04.3541
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IKEA adalah perusahaan yang bergerak di bidang furniture atau perabot rumah tangga dengan kantor pusat di Swedia. Strategi pemasaran yang digunakan oleh IKEA berbeda dengan perusahaan lainnya karena IKEA melakukannya dengan memanfaatkan storytelling sebagai upaya pemasaran produknya. Hampir semua iklan IKEA memanfaatkan teknik storytelling dalam menceritakan produk yang dimilikinya. IKEA menceritakan kelebihan, keunggulan, bagaimana produk dibuat layaknya menceritakan sesuatu hal kepada manusia. Hal ini menjadi sesuatu yang unik dan berbeda dari cara perusahaan memasarkan produk pada umumnya. Dengan cara ini menjadikan konsumen mau membaca katalog produk sehingga efeknya konsumen melihat produk terbaru dari IKEA dan muncul keinginan untuk melakukan tindakan pembelian. Selain itu cara ini menjadi sebuah strategi marketing yang murah tanpa harus membuat iklan produk tapi dari konsumen sendiri yang akan menceritakan tentang produk dari IKEA tersebut. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh simultan dan parsial dari elemen-elemen teknik storytelling terhadap minat beli produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan metode regresi linier berganda. Populasi yaitu konsumen atau pengunjung dari IKEA Alam Sutra dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel bebas adalah storyline, theme, plot and story dan frame of reference. Variabel terikat adalah minat beli produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada konsumen atau pengunjung IKEA Alam Sutra. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, persentase rata-rata variabel teknik storytelling berada pada kategori baik. Dan persentase variabel minat beli berada pada kategori baik. Hasil perhitungan didapatkan bahwa teknik storytelling berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Namun secara parsial variabel teknik storytelling ada yang berpengaruh signifikan dan ada yang tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Besarnya pengaruh secara simultan tersebut sebesar 25,2%, sedangkan sisanya sebesar 74,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian.

Kata kunci: Storytelling, storyline, theme, plot and story, frame of reference, minat beli, AISAS

Subjek

COMMUNICATION IN MARKETING
 

Katalog

PENGARUH TEKNIK STORYTELLING DALAM PERIKLANAN PRODUK IKEA TERHADAP MINAT BELI PRODUK (STUDI KUANTITATIF IKLAN DENGAN PENDEKATAN STORYTELLING PADA MEDIA YOUTUBE PERIODE SEPTEMBER 2016 - JANUARI 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDURRAHMAN PRASETYO
Perorangan
Maylanny Christin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini