Pengembangan Ekstraksi Fitur Produk Menggunakan Pendekatan Berbasis Lexicon dan Taxonomy pada Algoritma Apriori

RIZA WAHYU RAMADHAN

Informasi Dasar

17.04.3588
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Review produk merupakan ulasan opini yang disampaikan oleh pembeli pada forum diskusi atau website resmi toko tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, mayoritas review produk yang ada berupa kata benda, sehingga proses ekstraksi diprioritaskan terhadap kata benda dan frasa kata benda menggunakan pendekatan association mining untuk mencari frequent itemset dari setiap produk yang telah ditentukan minimum supportnya.

Hasil dari pendekatan tersebut, masih terdapat fitur produk selain dari kata benda dan frasa kata benda yang tidak dapat terekstrak. Tidak adanya metode khusus yang digunakan untuk menangani mayoritas review produk yang berupa kata benda. Terdapat kesalahan ekstraksi pada kata ganti, baik kata ganti orang maupun kata ganti bukan orang. Terdapat fitur yang terhapus akibat dilakukannya proses pruning.

Solusi yang ditawarkan untuk menangani permasalahan di atas yaitu: Coreference Resolution untuk menangani kata ganti, baik kata ganti orang maupun bukan orang. Lexicon based untuk mengekstrak kata sifat atau fitur opini disetiap dataset Taxonomy based menggunakan konsep ontologi untuk mmeperdalam hierarki setiap subset, berfungsi untuk mengekstrak fitur yang terhapus akibat proses pruning. Kesalahan pelabelan seperti kata yang masih terdapat huruf kapital yaitu dengan memperbaiki proses ekstraksi pada fitur label di dataset. Terdapat bio chunking atau iob chunking yang digunakan untuk memberikan kejelasan makna kata yang dipersiapkan untuk term filtering.

Kata Kunci: review produk, lexicon based, coreference resolution, bio chunking, ontology, dan taxonomy based.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Pengembangan Ekstraksi Fitur Produk Menggunakan Pendekatan Berbasis Lexicon dan Taxonomy pada Algoritma Apriori
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZA WAHYU RAMADHAN
Perorangan
Warih Maharani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini