PERBANDINGAN PEMBINGKAIAN BERITA KOMBES KRISHNA MURTI (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki pada Tribunnews.com dan Merdeka.com)

QURRATU AIN KHAERUNNISA

Informasi Dasar

17.04.3597
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pembingkaian pemberitaan yang dilakukan oleh media online Tribunnews.com dan Merdeka.com dalam berita mengenai Krishna Murti pasca teror bom Sarinah Thamrin dan Krishna Murti terkait isu mutasi jabatan. Berita yang di analisis dari kedua media tersebut adalah berita yang memiliki tema yang sama dan tanggal terbit yang berdekatan namun memiliki isi yang berbeda. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunakan Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Dalam menganalisis, terdapat empat struktur yang digunakan dalam metode ini. Struktur Sintaksis yakni bagaimana sebuah peristiwa disusun oleh wartawan. Struktur Skrip yakni bagaimana wartawan menceritakan peristiwa menjadi bentuk kisah dalam berita. Struktur Tematik yakni bagaimana wartawan memandang peristiwa dengan pengungkapan melalui proporsi kalimat, tata hubungan antar kalimat yang terbentuk secara menyeluruh dan Struktur Retoris yakni bagaimana wartawan menegaskan sebuah arti tentu yang menjadi arti dalam berita. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan Tribunnews.com dan Merdeka.com dalam membingkai pemberitaan adalah tidak memiliki kesamaan dalam mengemas dan membawa alur informasi mengenai Krishna Murti. Sangat terlihat jelas bahwa Tribunnews.com bersifat positif dan berpihak kepada Krishna Murti sedangkan Merdeka.com lebih menonjolkan sifat negatif dari Krishna Murti dan cenderung memojokkan.

Kata Kunci : Framing, Pan dan Kosicki, Media Online, Krishna Murti

Subjek

MASS MEDIA-COMMUNICATION
 

Katalog

PERBANDINGAN PEMBINGKAIAN BERITA KOMBES KRISHNA MURTI (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki pada Tribunnews.com dan Merdeka.com)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QURRATU AIN KHAERUNNISA
Perorangan
Maylanny Christin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini