PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WEBSITE PERPUSTAKAAN DIGITAL SMP N 1 PEDAN KLATEN DENGAN SISTEM BARCODE

MUHAMMAD RIZAL EFENDI

Informasi Dasar

611110048
006.76
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

SMP N 1 Pedan merupakan salah satu sekolah menengah pertama berstandar nasional di Klaten, yang mana juga termasuk salah satu sekolah terbaik. Itu semua dikarenakan fasilitas belajar yang memadai mulai dari pengajar yang berkualitas, perlengkapan sekolah yang memadai juga fasilitas perpustakaan. Namun dalam manajemen buku terkait pendataan, peminjaman dan pengembalian buku masih secara manual serta pengecekan buku yang tersedia oleh siswa di perpusatakaan dirasa masih kurang efisien karena harus datang langsung ke perpustakaan, padahal buku yang tersedia belum tentu ada. Disisi lain ID card siswa dan kumpulan buku perpustakaan SMP N 1 Pedan sudah terintegrasi dengan label barcode.
Untuk mengatasi masalah tersebut, pada proyek akhir ini dibuat aplikasi website perpustakaan digital SMP N 1 Pedan Klaten dengan sistem barcode. Yang mana dapat menangani proses pendataan, peminjaman dan pengembalian buku menggunakan ID card siswa yang sudah terintegrasi dengan label barcode. Selanjutnya siswa juga dapat melakukan pengecekan ketersediaan buku dan riwayat peminjaman secara online. Aplikasi ini juga dilengkapi fasilitas pencetakan langsung pembuatan laporan data peminjam, data siswa dan data buku.
Dengan adanya aplikasi ini, proses manajemen perpustakaan terkait pendataan, peminjaman dan pengembalian buku dapat dilakukan lebih cepat dan lebih baik serta siswa mudah dalam memperoleh informasi buku yang ada secara online. Karena sistem sudah terintegrasi dengan label barcode yang dapat membantu dalam hal controlling baik dalam hal peminjaman dan pengembalian buku. Dengan demikian aplikasi website ini bisa bermanfaat bagi sekolah, petugas, anggota perpustakaan serta SMP N 1 Pedan Klaten menjadi sekolah lebih baik kedepannya.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI WEBSITE PERPUSTAKAAN DIGITAL SMP N 1 PEDAN KLATEN DENGAN SISTEM BARCODE
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RIZAL EFENDI
Perorangan
Muhammad Iqbal, S T., MT. , Tengku A. Riza, S T., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini