PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KETINGGIAN AIR UNTUK SISTEM DETEKSI DINI BANJIR BERBASIS FM-RDS

Agatha Rizka Prassiwi

Informasi Dasar

611111111
621.384
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Seiring dengan datangnya musim penghujan, banyak sungai yang tidak dapat menampung air hujan sehingga ketinggian air meningkat dan meluap sehingga menyebabkan banjir. Terlebih pada daerah yang lebih rendah dari bibir sungai, masyarakat sekitar terlambat untuk menyelamatkan diri beserta barang berharganya. Perlu adanya deteksi dini untuk memantau ketinggian air sungai sehingga berguna untuk mengantisipasi, yaitu berupa media komunikasi yang dapat diakses semua orang. Seperti media komunikasi radio dengan adanya radio masyarakat secara mudah mengakses informasi pada saat mereka mendengarkan radio, sembari mendengarkan radio mereka juga dapat memantau ketinggian air sungai disekitar pemukiman mereka.
Sistem deteksi dini pada Proyek Akhir ini dirancang menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04, ATmega 328P-PU, modul NRF24L01, LCD 2x16 dan implementasi bootloader Arduino Uno. Sensor ultrasonik HC-SR04 sebagai pendeteksi ketinggian air, data yang didapat kemudian akan diolah pada rangkaian mikrokontroler dengan ATmega 328P-PU dan bootloader Arduino Uno digunakan sebagai ISP. Data ketinggian air akan dikirim menggunakan modul NRF24L01. Sistem deteksi dini dipasang pada 3 titik yang berbeda, sistem kerja dari pengiriman data dibuat secara berurutan yaitu node 1 mengirim data ke node 2, kemudian data gabungan dari node 1 dan 2 dikirim ke node 3 sehingga pada node terakhir mengirim 3 data ke node berikutnya dan juga ditampilkan pada LCD.
Sensor ultrasonic HC-SR04 memiliki nilai toleransi error pada pengujian terhadap benda cair sebesar 1.73%, sedangkan terhadap benda padat sebesar 0.59 %. NRF24L01 maksimal jarak pengirimannya sebesar 30 meter, dan pengiriman data dari node 1 ke 2 membutuhkan respon waktu rata – rata 0.16 detik, pada node 2 ke 3 respon waktu rata – rata yaitu 0.35 detik. Layar LCD pada node 3 berfungsi untuk melihat data ketinggian dari kedua node sebelumnya dan data node 3 itu sendiri. Dengan demikian sistem deteksi dini dapat mengirimkan ketiga data ketinggian ke node berikutnya yang kemudian akan diproses untuk dapat sampai di masyarakat.

Subjek

RADIO FREQUENCY
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PENGUKURAN KETINGGIAN AIR UNTUK SISTEM DETEKSI DINI BANJIR BERBASIS FM-RDS
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agatha Rizka Prassiwi
Perorangan
Denny Darlis, S.Si.,MT. , Efa Maydhona Saputra,ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini