PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING GAS KARBON MONOKSIDA PADA MOBIL BERBASIS MIKROKONTROLER

Yolanda Rhenata Siallagan

Informasi Dasar

611111105
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang dibutuhkan pada zaman modern ini. Sebagian lapisan penduduk indonesia sudah mempunyai kendaraan beroda empat ini. pada saat ini mobil dilengkapi dengan alat pendingin yaitu AC yang digunakan untuk pendingin bagi penumpang agar merasa sejuk dan nyaman. Akan tetapi AC dalam mobil dapat terjadi kebocoran yang mengakibatkan meluapnya gas karbon monoksida pada AC yang akan menyebabkan terjadinya kerusakan saraf otak dan darah. Oleh karena itu dirancang alat sistem monitoring udara dalam mobil berbasis mikrokontroler.
Alat ini dirancang dengan bantuan mikrokontroler sebagai unit pengendali. Alat ini akan mendeteksi udara yang ada di dalam mobil ketika AC bocor gas karbon monoksida akan dikeluarkan sehingga perangkat akan mengetahui bahwa udara di dalam mobil tidak sehat, perangkat akan menggunakan sensor untuk mendeteksi MQ 7 (sensor karbon monoksida) yang dapat mendeteksi karbon monoksida, Saat terdeteksi gas karbon monoksida melebihi 100 ppm, mikrokontroler akan mengendalikan relay yang akan mematikan sistem ON / OFF mobil AC. mikrokontroler juga mengontrol alarm dan LCD
Dengan alat dan sistem monitoring ini tercipta sebuah alat untuk menanggulangi deteksi awal gas Karbon Monoksida (CO) dalam mobil yang diakibatkan oleh kebocoran AC dan dapat digunakan sebagai alat yang berguna untuk penguna kendaraan beroda empat.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING GAS KARBON MONOKSIDA PADA MOBIL BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yolanda Rhenata Siallagan
Perorangan
M. Ramdhani, ST.,MT , Hafidudin, ST.,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini