PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING TUMPUKAN SAMPAH BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN NOTIFIKASI MEDIA SOSIAL

Rizka Amalia Rufaidah

Informasi Dasar

611111115
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia. Pembuangan sampah yang tidak diurus dengan baik akan mengakibatkan masalah besar. Biasanya sampah yang akan dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di tumpuk terlebih dahulu di tempat yang ditentukan. Namun seringkali petugas kebersihan yang bertugas mengangkut sampah tersebut terlambat hingga sampah yang sudah menumpuk mengganggu aktivitas sampai dapat menimbulkan penyakit. Sampah yang sudah menumpuk tinggi sehingga sulit untuk diangkut oleh petugas kebersihan.
Rangkaian sistem ini dimulai dari input yang berasal dari Sensor Ultrasonik. Gelombang ultrasonik merambat melalui udara, sinyal dipancarkan melalui pemancar gelombang ultrasonik yaitu TX (Transmitter). Ketika sinyal mengenai objek dan memantul kembali maka sinyal akan diterima oleh RX(Receiver). Besar nilai jarak yg diukur oleh sensor ultrasonik menjadi inputan bagi mikrokontroler sebagai acuan untuk menentukan kondisi tumpukan sampah. Apabila nilai jarak yang didapat memenuhi syarat batas pengiriman data maka mikrokontroler akan langsung men-tweet ke akun milik dinas kebersihan dan sms ke petugas kebersihan yang berisi status tumpukan sampah dengan bantuan modul GSM/GPRS.
Hasil yang diperoleh yaitu sensor ultrasonik membaca tinggi tumpukan sampah dan memberikan notifikasi melalui twitter dan sms. Pembacaan sensor ultrasonik terhadap jarak sebenarnya mengalami eror paling kecil.besar 0.60%. Waktu rata-rata untuk pengiriman Tweet dari Arduino ke akun twitter sebesar 2 detik.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING TUMPUKAN SAMPAH BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN NOTIFIKASI MEDIA SOSIAL
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizka Amalia Rufaidah
Perorangan
Denny Darlis,S.Si,M.T , Hafiduddin,ST,M.T
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini