Perancangan dan Implementasi Smartroom menggunakan sensor PIR, suhu, kelembaban dan kemanan menggunakan perintah suara

Aditya Mahaztra

Informasi Dasar

611110065
621.367 8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kenyamanan dan keamanan merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang. Apalagi kenyamanan untuk berada di kamar dimana tempat yang paling sering kita tempati seperti saat pulang dari kerja atau melakukan aktivitas diluar yang ingin bersantai di kamar tanpa melakukan apa-apa karena kelelahan dalam melakukan aktivitas dan ingin bersantai untuk merelaksasikan pikiran, karena jika sudah banyak melakukan banyak aktivitas berat diluar dan tidak dapat tempat yang nyaman untuk bersantai maka pikiran akan jenuh dan stres.
Sistem Smart room yang dirancang pada Proyek Akhir ini meggunakan EasyVR, mikrokontroler arduino uno, solenoid, dan sistem mekanik untuk benda yang elektronik (kipas dan lampu) maupun non elektronik (solenoid sebagai pintu elektronik dan jendela). Dibutuhkan EasyVR dimana suara pengguna kamar direkam terlebih dahulu. Indikator kesejukan kamar ini berdasarkan sensor suhu DHT11 dimana jika kamar dengan kelembaban tinggi akan membuka jendela dan jika suhu dalam kamar tinggi akan menyalakan kipas secara otomatis. Pintu juga dilengkapi dengan keamanan PIN berjumlah 4 digit menggunakan Keypad dan sistem akan aktif jika PIR mendeteksi gerakan didalam kamar.
Hasil dari keluaran sistem ini adalah perangkat atau alat ini dapat memberikan kenyaman berada di kamar dengan cara memudahkan pengguna kamar untuk mengontrol alat elektronik (kipas angin dan lampu) dan non elektronik (pintu dan jendela) yang berada di kamar dengan arduino dan easyVR sebagai rangkaian pengendali output dengan tingkat keberhasilan sebesar 79,996%. Dengan demikian smart room ini dapat di implementasikan pada kamar khususnya kamar bagi para penyandang cacat fisik.

Subjek

SENSOR
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Smartroom menggunakan sensor PIR, suhu, kelembaban dan kemanan menggunakan perintah suara
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Mahaztra
Perorangan
Achmad Rizal, ST., MT. , Suci Aulia, S.T.,MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini