PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI GSM (Global System for Mobile) SEBAGAI PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535

DIMAS HENDRATNO

Informasi Dasar

611110058
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, khususnya keamanan rumah hunian yang ditinggalkan pemiliknya ataupun dalam keadaan kosong dari bahaya kebakaran bukan hanya pencurian dan tindakan kriminal lainnya, bukanlah hal yang mengherankan apabila semakin hari manusia semakin menginginkan suatu system pengamanan yang lebih canggih dan modern. Sebagaimana yang diketahui solusi yang dilakukan begitu banyak. Namun tetap saja banyak kebakaran maupun bahaya akibat api tidak dapat dicegah, walaupun pengamannya dengan alat yang modern. Biasanya penyebabnya adalah karena pengaman hanya dengan alarm maupun dengan pemadam api, hal ini tidak terlalu efektif karena saat pemilik rumah tidak ada di tempat pencegahannya tidak dapat dilakukan.
Pada Proyek Akhir ini akan dibuat sebuah sistem pendeteksi kebakaran yang menggunakan telepon genggam sebagai perangkat notifikasi dan penanggulangannya. Pada prinsipnya teknologi yang digunakan berupa perangkat telepon genggam sebagai penghubung sinyal, lalu ada mikrokontroller sebagai pemroses inputan yang dihasilkan oleh sensor suhu dan asap. Untuk sistem penanggulangan antara handphone dan pompa air, menggunakanmodem wavecom GSM sebagai salurannya.
Hasil akhir dari alat ini menggunakan telepon genggam sebagai alat kendali sistem penanggulangan kebakaran. Lalu terhubung dengan mikrokontroller sebagi pengatur sistem ini. Alat ini memiliki rata – rata delay pengiriman SMS notifikasikeuserselama 5,3s, lalu delay pengiriman SMS mengaktifkan pompa air 5,9s. Dengan fitur keamanan yang berupa notifikasi sms dan alarm ini, maka tingkat kehandalan dari alat ini sebesar 80% sesuai hasil dari pengujian. Tingkat keberhasilan sistem dari alat ini sebesar 90% sesuai dengan perancangan dan pengujian sistem.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI GSM (Global System for Mobile) SEBAGAI PENDETEKSI KEBAKARAN BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS HENDRATNO
Perorangan
Hafidudin ST., MT. , Yuyun Siti Rohmah ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini