PERANCANGAN MINI HOME SERVER MENGGUNAKAN OWNCLOUD DENGAN IMPLEMENTASI RASPBERRY PI (MODEL B) SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN DOKUMEN

AHDA NIZAR ANHAR

Informasi Dasar

611111078
621.391 6
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Dalam perkembangan teknologi seperti ini, rutinitas pekerjaan yang menggunakan sebuah sistem jaringan komputer masih sangat tinggi. Data yang diolah dan disimpan pada sistem tertentu semakin lama akan semakin bertambah, sehingga memerlukan tempat penyimpanan atau storage yang besar. Oleh karena itu dipilihlah teknologi cloud computing sebagai teknologi yang dapat mengatasi masalah tersebut.
Dasar pembangunan jaringan cloud computing ini menggunakan aplikasi OwnCloud yang berbasis web server. Pembangunan web server OwnCloud ini mengimplementasikan Raspberry Pi (model B) yang nantinya sebagai media utama terhadap sistem operasi dan aplikasi open source seperti Raspbian, OwnCloud, Webmin, MySQL, dan beberapa media pendukung lainnya seperti hard disk, heat sink, SD card dan kabel Ethernet.
Pembangunan jaringan cloud computing ini bertujuan untuk efisiensi biaya dan media penyimpanan yang lebih fleksibel. Selain itu, mini Home Server ini praktis digunakan sebagai media penyimpanan untuk dokumen, bila melihat dari sudut pandang kelebihan jaringan cloud computing seperti kemudahan akses untuk mengerjakan suatu pekerjaan, maka user tidak perlu berada dihadapan satu komputer. Sehingga dengan adanya mini Home Server ini dapat digunakan sebagai dasar pembangunan jaringan cloud computing dan diharapkan mampu memberikan fungsi kerja pengolahan data yang lebih efektif dan efisien.

Subjek

MICROCOMPUTERS
 

Katalog

PERANCANGAN MINI HOME SERVER MENGGUNAKAN OWNCLOUD DENGAN IMPLEMENTASI RASPBERRY PI (MODEL B) SEBAGAI MEDIA PENYIMPANAN DOKUMEN
 
 
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHDA NIZAR ANHAR
Perorangan
Denny Darlis, S.Si., MT , Hafidhudin, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini