PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA KARTU SELULER PRABAYAR SIMPATI DI BANDUNG

Rismayanti

Informasi Dasar

17.04.3689
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Persaingan bisnis telekomunikasi di Indonesia saat ini menuju pada kondisi persaingan ketat dan berkembang. Salah satu perusahaan telekomunikasi yang menjadi market leader di Indonesia adalah Telkomsel. Telkomsel melalui produk simPATI nya, terus berusaha untuk menawarkan manfaat-manfaat yang kemudian dikomunikasikan dan disampaikan melalui atribut produk seperti kualitas, fitur, dan desain. Dengan adanya atribut produk konsumen dapat lebih mempertimbangkan produk yang akan digunakan. Disisi lain, dengan melekatnya atribut pada suatu produk dapat menunjukkan keloyalitasan konsumen terhadap suatu merek tertentu. Oleh karena itu, simPATI terus menjaga konsumen yang loyal agar tidak beralih ke merek lainnya. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor dalam atribut produk yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas merek terhadap kartu seluler simPATI.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk (kualitas produk , fitur produk dan desain produk) terhadap brand loyalty pada pengguna kartu seluler prabayar simPATI di Bandung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kausal, dengan menggunakan metode teknik sampling purposive sampling. Dengan pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan yaitu responden yang menggunakan kartu seluler prabayar simPATI dan responden yang berada di kota Bandung.

Berdasarkan teknik analisis korelasi kanonikal, maka dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyality sebesar 46,80%, variabel fitur produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyality sebesar 38,73%, variabel desain produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyality sebesar 44,73%, atribut produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap cognitive loyality sebesar 47,40%, atribut produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap affective loyality sebesar 47,90%, dan atribut produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap conative loyality sebesar 42,24%.

Kata kunci: atribut produk (kualitas produk, fitur produk ,desain produk), brand loyalty.

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
 

Katalog

PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP BRAND LOYALTY PADA PENGGUNA KARTU SELULER PRABAYAR SIMPATI DI BANDUNG
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rismayanti
Perorangan
NURVITA TRIANASARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini