Pengaruh motif menonton program “On The Spot TRANS7” terhadap kebutuhan informasi mahasiswa Institut Manajemen Telkom

YULITA ENDAR AYUNINGTYAS

Informasi Dasar

17.04.3717
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Stasiun televisi setiap harinya menyajikan berbagai jenis program yang beragam. Dari banyaknya program yang disajikan oleh setiap stasiun televisi, salah satu fenomena yang banyak terjadi akhir-akhir ini adalah maraknya program dokumenter dengan youtube sebagai narasumbernya (courtesy of youtube), salah satunya adalah “On the Spot TRANS7”. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif mahasiswa menonton Program “On The Spot TRANS7”, untuk mengetahui kebutuhan informasi Mahasiswa, dan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh motif menonton Program “On The Spot TRANS7” terhadap kebutuhan informasi mahasiswa. Model uses and gratification meneliti asal mula kebutuhan secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan tertentu dari media massa, dan menimbulkan pemenuhan kebutuhan dan akibat lain, termasuk juga yang tidak diinginkan. Harapan yang diinginkan apakah sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan, sehingga harapan atau motif menonton program “On The Spot TRANS7” dan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa akan menghasilkan subvariabel yang sama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksplanasi. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, yaitu cluster sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden yaitu mahasiswa IMT yang diambil secara acak berdasarkan program studinya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif (mean rank order), analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-F dan uji t. Dari hasil penelitian melalui persamaan analisis regresi linier berganda, dapat dikatakan bahwa motif menonton “On The Spot TRANS7” berdampak atau berpengaruh positif terhadap kebutuhan informasi mahasiswa. Setelah dilakukan pengujian secara parsial, yang paling berpengaruh positif terhadap kebutuhan informasi mahasiswa adalah subvariabel psikologi individu. Kemudian, dari hasil analisis dengan menggunakan koefisien determinasi, menunjukkan pengaruh yang besar dari motif menonton “On The Spot TRANS7” terhadap kebutuhan informasi mahasiswa. Selain itu, dari hasil uji hipotesis (Uji F), juga diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motif menonton “On The Spot TRANS7” terhadap kebutuhan informasi mahasiswa. Dan melalui uji t, yang berpengaruh secara signifikan terhadap kebutuhan informasi mahasiswa adalah sub-variabel psikologi individu.

Kata Kunci : teori uses and gratification, motif, kebutuhan informasi

Subjek

MASS MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

Pengaruh motif menonton program “On The Spot TRANS7” terhadap kebutuhan informasi mahasiswa Institut Manajemen Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULITA ENDAR AYUNINGTYAS
Perorangan
Dewi K. Soedarsono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini