REPRESENTASI KASIH SAYANG PADA FOTO

OKI MAULANA PUTRA

Informasi Dasar

17.04.3779
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

REPRESENTASI KASIH SAYANG PADA FOTO (Analisis Semiotika Pendekatan Roland Barthes Tentang Pesan Kasih Sayang Pada Foto Dalam Lomba Ibu Dan Anak “Kasih Ibu sepanjang Masa”)

ABSTRAK Lomba foto Ibu dan anak “kasih saying ibu sepanjang masa” merupakan lomba foto yang diadakan untuk memperingati hari ibu oleh Bandung News Photo. Lomba ini merupakan lomba pertama dan baru sekali diadakan oleh Bandung News Photo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika untuk menganalisis objek yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Roland Barthes yaitu ‘The Second Order Signification’. Deskripsi mengenai Kasih Sayang pada foto juara satu lomba foto ibu dan anak “ kasih sayang sepanjang masa” ini dianalisis pada tataran sistem penandaan pertama yang memunculkan makna denotasi, tataran sistem penandaan kedua yang memunculkan makna konotasi serta mitos yang terkandung dalam foto juara satu lomba foto ibu dan anak “ kasih sayang sepanjang masa”. Pada tataran denotasi, Kasih Sayang pada foto juara satu lomba foto ibu dan anak “ kasih sayang sepanjang masa” digambarkan seorang ibu yang memberikan kasih sayang pada anaknya yang memiliki kecacatan pada mentalnya, pada tataran konotasi, banyak makna-makna yang muncul yang berakar dari mitos seperti kasih ibu yang tidak terbatas kepada anaknya, apapun kondisinya. Hal ini menimbulkan makna mengenai kasih sayang ibu ke pada anaknya tidak akan pernah berkurang walaupun anaknya memiliki kekurangan, seorang ibu selalu memiliki cita-cita yang besar terhadap anaknya.

Keywords: Foto, Semiotika, Roland Barthes

REPRESENTATION OF LOVE ON PHOTO (Analysis Semiotic by Roland Barthes Approach About Love Message of Photo In Mom And Child "Mother Love Throughout Time” Photo Contest )

ABSTRACT

Photo Contest "Mother Love Throughout Time” is the first photo contest to celebrate mother day by Bandung News Foto. Photo Contest The approach of the research is qualitative, using semiotic analysis to analyze the research objects. The data analysis is based on ‘The Second Order Signification’ by Roland Barthes. Description of love from the 1st winner in Mom And child "Mother Love throughout Time” Photo Contest was analyzed using the first order signification that shows the denotative meaning; in second order signification that shows the connotative meaning and myth as well. In the denotative level, love from the 1st winner in Mom And Chid "Mother Love throughout Time” Photo Contest is described as a mother who give love to her daughter who has a mental disability in, whereas in connotative level, many meanings that shows the myth such as well mother's love is not limited to children, whatever the child conditions. This raises the significance of the mother's love for her child will never diminished although the child has a disabilities, a mother always has big expectation for their children

Keywords: Photo, Semiotic, Roland Barthes ?

Subjek

PHOTOGRAPHY AND PHOTOGRAPHS
 

Katalog

REPRESENTASI KASIH SAYANG PADA FOTO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

OKI MAULANA PUTRA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini