Studi Deskriptif Mengenai Occupational Commitment Pada Masinis PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung

LUTHFI J AL ARIEF

Informasi Dasar

17.04.3797
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masinis merupakan faktor yang sangat esensial dalam keberhasilan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Masinis menghadapi menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan, namun mereka tetap bertahan pada pekerjaanya dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut menunjukkan bahwa masinis tersebut memiliki Occupational Commitment.

Penelitian ini menggunakan rancangan non-eksperemintal. Metode penelitian bersifat deskriptif, diterapkan pada data kuantitatif. Variabel penelitian adalah Occupational Commitment, diukur menggunakan kuesioner berdasarkan teori Meyer & Allen (1993) yang terdiri dari komponen affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment. Penelitian ini dilakukan pada 62 orang masinis PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung. Hasil penelitian ini diolah menggunakan software SPSS Statistics 17 sehingga didapatkan komponen yang paling mendasari occupational commitment.

Didapatkan hasil bahwa affective commitment merupakan komponen yang paling mendasari occupational commitment pada masinis PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung. Masinis dengan dasar keterikatan affective commitment ini menjalani pekerjaanya sebagai masinis karena mereka menginginkannya. Mereka memiliki keterikatan dan keterlibatan emosional dengan pekerjaanya berupa perasaan suka, senang, dan bangga ketika mereka dapat menjalankan lokomotif dengan baik serta mengantarkan kereta api penumpang atau barang dengan nyaman, aman dan selamat sampai tujuan. Penumpang kereta api akan merasa lebih nyaman apabila kereta dijalankan oleh masinis yang memiliki dasar kererikatan affective commitment.

Subjek

SDM
 

Katalog

Studi Deskriptif Mengenai Occupational Commitment Pada Masinis PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFI J AL ARIEF
Perorangan
Mahendra Fakhri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini