PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI XL TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGUNJUNG BANDUNG ELECTRONIC CENTER TAHUN 2013 (Studi pada Iklan XL Bebas Gratis Internet yang Dibintangi Ariel NOAH)

Wildan Ilham Mursyid

Informasi Dasar

17.04.3807
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh celebrity endoser pada iklan televisi XL terhadap proses keputusan pembelian pengunjung Bandung Electronic Center (studi pada iklan Xl Bebas Gratis Internet yang dibintangi oleh Ariel Noah) . Ketatnya persaingan dalam industri telekomnikasi di Indonesia dewasa ini membuat semua pemain harus terus berinovasi dalam segala aspek guna mempertahankan konsumen potensialnya dan berusaha untuk meningkatkan pembelian konsumennya, Pada awal tahun 2013, PT XL Axiata melakukan promosi melalui media televisi dengan tajuk XL bebas gratis internet yang dibintangi oleh Ariel Noah, namun penggunaan Ariel sebagai celebrity endorser tersebut muncul beberapa protes dari berbagai kalangan masyarakat terkait dengan kasus yang pernah dialami oleh Ariel. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi apakah celebrity endoser yang digunakan oleh XL telah dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen.

Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Bandung electronic center. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik non-probability sampling melalui pendekatan purposive sampling, dengan kriteria pengambilan sampel adalah pengunjung Bandung electronic center yang sudah pernah melihat iklan dan memakai kartu XL kartu perdana bebas internet yang dibintangi oleh band Noah. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda.

Hasil analisis deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan celebrity endoser berada pada kategori yang baik. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis regresi berganda dapat diketahui bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 55,3%. Secara parsial, karakteristik celebrity endorser yang berpengaruh signifikan adalah credibility dan power.

Oleh karena itu, sebaiknya PT. XL Axiata mempertahankan penggunaan Ariel Noah sebagai celebrity endorser produk XL karena keahliannya di bidang musik dan kekuatannya untuk mempengaruhi konsumen keputusan pembelian konsumen dan sebaiknya XL Axiata menggunakan juga celebrity lain yang memiliki kepribadian yang disukai khalayak dan tidak terlalu sering menjadi endorser di banyak produk lain agar XL dapat mempertahankan proses keputusan pembelian konsumen yang telah dinilai baik.

Kata Kunci : Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian , XL Axiata

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER PADA IKLAN TELEVISI XL TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGUNJUNG BANDUNG ELECTRONIC CENTER TAHUN 2013 (Studi pada Iklan XL Bebas Gratis Internet yang Dibintangi Ariel NOAH)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wildan Ilham Mursyid
Perorangan
ELVIRA AZIS
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini