USULAN KEBIJAKAN PREVENTIVE MAINTENANCE DAN PENGELOLAAN SPARE PART MESIN WEAVING M19 DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DAN RELIABILITY CENTERED SPARES (STUDI KASUS: PT BUANA INTAN GEMILANG)

NURFITRIANA SISWI MARTASARI

Informasi Dasar

17.04.3824
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Buana Intan Gemilang merupakan salah satu perusahaan menengah di bidang tekstil menggunakan mesin Weaving untuk menghasilkan sajadah. Pada umumnya, perawatan mesin/peralatan kurang perhatian dari pimpinan produksi di perusahaan terutama perusahaan kecil dan menengah. Ini terasa pada PT Buana Intan Gemilang yang masih belum optimal dalam kebijakan perawatan. Mesin Weaving M19 memiliki kerusakan tertinggi karena kegiatan preventive belum optimal dan ketidaktersediaan spare part sehingga perbaikan corrective dan downtime tinggi. Angka downtime tinggi menunjukkan perlu adanya kebijakan perawatan dan pengelolaan spare part. Berdasarkan hasil metode Risk Priority Number, didapatkan Shedding Motion sebagai subsistem kritis yang perlu ditentukan kebijakan perawatan dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dan pengelolaan spare part dengan metode Reliability Centered Spares (RCS). Hasil metode RCM, didapatkan Scheduled On-Condition Task untuk semua komponen kritis dengan interval waktu perawatan kartu adalah 238,4 jam, jarum adalah 157,39 jam, hook adalah 130,9 jam dan tali harness adalah 133,23 jam. Dari hasil preventive task dan interval waktu perawatan dapat ditentukan total biaya perawatan adalah Rp 113.192.949 per tahun. Dan hasil metode RCS, didapatkan jumlah kebutuhan spare part per bulan dibutuhkan 35 unit kartu, 61 unit jarum, 73 unit hook dan 58 unit tali harness.

Kata kunci : Preventive Maintenance, Reliability Centered Maintenance, Reliability Centered Spares, Risk Priority Number

Subjek

MAINTENANCE MANAGEMENT
 

Katalog

USULAN KEBIJAKAN PREVENTIVE MAINTENANCE DAN PENGELOLAAN SPARE PART MESIN WEAVING M19 DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DAN RELIABILITY CENTERED SPARES (STUDI KASUS: PT BUANA INTAN GEMILANG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURFITRIANA SISWI MARTASARI
Perorangan
Judi Alhilman, Nurdinintya Athari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4DA3 - MANAJEMEN PERAWATAN
  • IEH4DD3 - REALIBILITY DAN MAINTAINABILITY
  • IEI4U3 - MANAJEMEN PERAWATAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini