Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Biaya Kualitas Pada PT Pupuk Kujang

Firda Amelia

Informasi Dasar

17.04.3826
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di era globalisasi sekarang ini setiap perusahaan atau industri dihadapkan pada perubahan lingkungan bisnis yang sangat cepat dan kompetitif. Agar dapat bersaing dan unggul, maka salah satu solusi yang harus dilakukan oleh perusahaan industri adalah mengadopsi dan menerapkan praktek pengelolaan operasi perusahaan yang terbaik. Salah satu strategi yang banyak digunakan untuk memenuhi kepuasaan konsumen adalah penerapan Total Quality Management. Hal ini kemudian menghadapkan perusahaan pada persoalan lain yaitu bagaimana upaya menjaga dan meningkatkan mutu produk yang mereka hasilkan namun tetap dengan biaya yang rendah dan seminimal mungkin ada satu faktor yang membuat perbedaan antara cara yang merugikan dan cara yang menguntungkan dalam pencapaian mutu, dan faktor tersebut adalah biaya kualitas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik responden berdasarkan kuesioner yang disebar, bagaimana penerapan Total Quality Management dan Biaya kualitas di PT Pupuk Kujang dan pengaruh penerapan Total Quality Management terhadap biaya kualitas PT Pupuk Kujang.

Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan kuesioner. Penelitian dilakukan terhadap 69 responden sebagai sampel dengan menggunakan kuesioner yang berisi 64 item pernyataan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Total Quality Management (TQM) dan variabel dependen adalah Biaya Kualitas. Penelitian ini menggunakan regresi linear untuk melihat besarnya kontribusi variabel independen (TQM) terhadap variabel dependen (Biaya Kualitas).

Hasil penelitian menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menyatakan bahwa hubungan TQM dengan Biaya Kualitas adalah positif dengan signifikan alpha 5% nilai t-hitung>t tabel (7,879>1,966). Hasil regresi linear menunjukan bahwa penerapan TQM berpengaruh positif terhadap biaya kualitas.

Kata Kunci : Total Quality Management, Biaya Kualitas

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Biaya Kualitas Pada PT Pupuk Kujang
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Firda Amelia
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini