STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS BIKE.BDG DALAM KEGIATAN SOSIALISASI PROGRAM BIKE SHARING

FADLI IRSYAD

Informasi Dasar

17.04.3828
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya kegiatan bike sharing yang masih menjadi wacana baru di Bandung sehingga perlu disosialisasikan karena besarnya manfaat yang dapat diperoleh darinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi komunitas bike.bdg selaku penanggung jawab dari kegiatan sosialisasi program bike sharing di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan metode studi kasus. Objek penelitian ini yaitu bike.bdg selaku penanggungjawab dan pelaksana bike sharing. Unit analisis dari penelitian ini menggunakan 3 subvariabel, yaitu: komponen strategi model Lasswell, media komunikasi dan peran agen sosialisasi. Penelitian ini menggunakan 3 informan dan 3 key informan. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan menentukan tujuan penelitian, menentukan unit studi, pendekatan memilih unit penelitian, pengumpulan data, interpretasi data, serta penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukan komponen strategi komunikasi komunitas bike.bdg dalam menjawab pertanyaan model Lasswell pada program bike sharing di Kota Bandung menunjukan keberadaan who (komunikator) dalam kegiatan bike sharing yaitu bike.bdg dan managing director. Komponen says what menunjukan adanya pesan kesadaran bersepeda, donasi, dan dukungan. Komponen in which channel (media) dilakukan meLalui pengadaan event, media lini bawah, media massa dan nirmassa. Komponen to whom (komunikan) menunjukan bahwa pesan bike sharing di disampaikan kepada pihak internal dan eksternal. Komponen with what effect (efek) menunjukan adanya peningkatan kesadaran bersepeda. Penggunaan media dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media massa seperti tv, lokal; media lini bawah seperti ID card, kaos, pamflet. Peran agen sosialisasi dibebankan kepada seluruh internal bike.bdg untuk menyampaikan pesan kepada pemerintah, donator dan partisipan. Pesan disampaikan operator shhlter secara informatif dan persuasif, serta masyarakat juga turut andil dalam menyampaikan pengalamannya kepada masyarakat lainnya. Kesimpulannya bahwa bike.bdg telah mengerahkan berbagai fungsi internal dan eksternalnya untuk dapat menunjang program sosialisasi bike sharing. Keyword: Bike sharing, teori Lasswell, strategi komunikasi, sosialisasi, komunitas

Subjek

COMMUNICATION STRATEGY
 

Katalog

STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS BIKE.BDG DALAM KEGIATAN SOSIALISASI PROGRAM BIKE SHARING
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLI IRSYAD
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini