Kendali Motor DC Encoder Dengan Metode PID Pada Robot MiroSot Menggunakan Komunikasi Wireless

M. ABID IRWAN

Informasi Dasar

17.06.1180
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Micro Robot World Cup Soccer Tournament (MiroSot) merupakan suatu cabang kompetisi sepak bola beroda yang di atur oleh FIRA (Federation of International Robot-soccer Association). Dalam pengembangannya banyak masalah yang ditemukan, yaitu robot tidak dapat bergerak dengan stabil dan membutuhkan perpindahan gerakan yang presisi.

Motor DC yang menjadi penggerak robot MiroSot memiliki karakteristik yang berbeda walaupun dibuat pada pabrik yang sama. Proyek akhir ini membahas sebuah metode kendali PID untuk mengendalikan Motor DC. Motor DC yang digunakan memiliki encoder yang berfungsi sebagai sensor kecepatan untuk umpan balik yang akan digunakan dalam sistem robot MiroSot. Sistem akan membaca pergerakan dari sensor encoder. Informasi yang didapatkan kemudian diolah dengan kendali PID. Setiap pergerakan robot MiroSot akan diamati dan evaluasi untuk mendapatkan pergerakan yang stabil. Penggunaan komunikasi wireless untuk memudahkan pengendalian robot MiroSot dengan ground station.

Robot MiroSot diuji menggunakan metode trial and error untuk mendapatkan pergerakan robot yang stabil. Hasil dari percobaan memperoleh nilai Kp = 3,5, Ki=0,1 dan Kd = 5 dengan presentasi eror minimum yang dihasilkan pada pergerakan linier sebesar 10% dengan jarak 12 cm dan pergerakan angular sebesar 30% dengan sudut 30 dan 60 derajat. Hasil pengujian juga menunjukan bahwa Jarak efektif untuk komunikasi antara robot MiroSot dengan ground station yaitu antara 1-25 meter dengan kondisi tanpa ada penghalang. Kata kunci : MiroSot, FIRA, motor DC, dan PID.

Subjek

Robot - microcontroller
 

Katalog

Kendali Motor DC Encoder Dengan Metode PID Pada Robot MiroSot Menggunakan Komunikasi Wireless
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. ABID IRWAN
Perorangan
UNTARI NOVIA WISESTY, DADAN NUR RAMADAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • DTG1G3 - RANGKAIAN LISTRIK
  • DTG1J1 - BENGKEL MEKANIK
  • DTG2J3 - ELEKTRONIKA ANALOG
  • DTG2K3 - APLIKASI MIKROKONTROLER
  • DTG2L1 - BENGKEL ELEKTRONIKA II
  • DTG2O2 - BENGKEL KOMUNIKASI NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini