Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Terhadap Pengendalian Internal Penggajian (Studi Kasus Pada Perum BULOG Divre Jawa Barat)

IVAN NOVIANTO

Informasi Dasar

17.04.3843
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Sistem Informasi Akuntansi penggajian dirancang untuk menyajikan informasi keuangan bagi kepentingan dan pertanggungjawaban keuangan kepada pihak luar perusahaan (investor, kreditur, dan kantor pelayanan pajak).  Rangkaian kegiatan ini terdiri dari proses pemasukan data, penyimpanan data pengolahan, proses menghasilkan laporan, dan pengendalian.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari Sistem Informasi Akuntansi penggajian secara parsial dengan menggunakan indikator jaringan prosedur sistem akuntansi terhadap pengendalian internal penggajian dengan menggunakan indikator kerangka kerja COSO (Committe on Sponsoring the Treadway Committe) pada Perum BULOG Divre Jawa Barat. 

 Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Bagian SDM, Keuangan, dan Akuntansi pada Perum BULOG Divisi Regional Jawa Barat sebanyak 22 responden sedangkan sampel yang dipilih berdasarkan non probability sampling - sampling jenuh sebanyak 22 orang. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang terlebih dahulu di uji validitas dan realibilitasnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana yang sudah memenuhi syarat pengujian asumsi klasik.

 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi Penggajian berpengaruh positif, signifikan terhadap pengendalian internal penggajian pada Perum BULOG Divre Jawa Barat. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan koefisien determinasi Adjusted R2 = 41,80% artinya variabel independen dapat menjelaskan variasi variabel pengendalian internal penggajian sebesar 41,80%. Hasil yang diperoleh koefisien regresi bernilai positif yaitu sebesar 1.129, artinya semakin baik Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dapat meningkatkan efektivitas Pengendalian Internal Penggajian dan tingkat signifikansi 0.001 < 0,05 artinya Sistem Informasi Akuntansi Penggajian berpengaruh signifikan terhadap pengendalian internal penggajian.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi Penggajian, Pengendalian Internal.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Terhadap Pengendalian Internal Penggajian (Studi Kasus Pada Perum BULOG Divre Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVAN NOVIANTO
Perorangan
DUDI PRATOMO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini