PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT. UNGGUL JAYA SEJAHTERA

YANA PUTRI

Informasi Dasar

17.04.3875
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Unggul Jaya Sejahtera merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produksi batik printing (cetak) serta penyaluran produk atau yang lebih sering disebut distribusi. Seiring dengan peningkatan produksi yang semakin tinggi, maka penyimpanan barang di gudang pun semakin besar. Berdasarkan hal tersebut, saat ini aktivitas penyimpanan barang ke gudang yang dilakukan PT. Unggul Jaya dengan membuat laporan penerimaan barang dan dicatat di kartu gudang berdasarkan identitas, jenis, dan spesifikasi barang. Dalam aktivitas eksisting tersebut berpotensi menghasilkan sejumlah masalah.

Permasalahan yang timbul pada bagian gudang adalah permasalahan yang terkait pengelolaan barang yang terdapat di gudang seperti ketidaksinkronan data dengan stock opname, serta pergerakan barang di gudang yang tidak terkelola dengan baik dan juga tata letak penyimpanan barang di gudang yang belum optimal. Maka dari itu, dilakukan pengembangan dan perencanan sebuah sistem informasi yang mampu mendukung kegiatan Bagian Warehouse pada PT. Unggul Jaya Sejahtera. Pengembangan dan perencanaan sistem ini menggunakan metode ASAP (Accelerated SAP).

Penulis melakukan analisis terhadap proses bisnis yang berjalan pada Perusahaan. Berdasarkan analisis tersebut, penulis merancang proses bisnis usulan dan melakukan pengembangan terhadap Sistem ERP dengan aplikasi SAP, khususnya modul Warehouse Managemet yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah modul Warehouse Management pada aplikasi SAP yang telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan perusahaan yang dapat mempermudah perusahaan dalam mengatasi permasalahan - permasalahan terkait kegiatan aktifitas gudang pada PT. Unggul Jaya Sejahtera.

Kata kunci: ERP, SAP, Warehouse Management, ASAP.

Subjek

APPLICATION SOFTWARE-DEVELOPMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA MODUL WAREHOUSE MANAGEMENT MENGGUNAKAN SAP DENGAN METODE ASAP DI PT. UNGGUL JAYA SEJAHTERA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANA PUTRI
Perorangan
ARI YANUAR RIDWAN, R. WAHJOE WITJAKSONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini