REPERESENTASI MASKULINITAS DAN FEMINITAS DALAM KARAKTER MOANA

ARIF NUGRAHA

Informasi Dasar

17.04.3925
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Film Moana (2016) adalah salah satu film animasi terbaik yang menampilkan sosok perempuan dalam pemeran utamanya. Kehadiran sosok perempuan yang menjadi pemeran utama tentu mendapat perhatian mengingat stereotip gender yang masih ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh representasi maskulin dan feminitas seorang Moana dalam film animasi Moana (2016). Dalam teori Roland Barthes yang menunjukan bahwa ada makna denotasi, konotasi dan mitos.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna semiotika yaitu makna denotasi, konotasi dan mitos. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes berdasarkan studinya yang dibagi kedalam tiga bagian yaitu makna denotasi, konotasi dan mitos.

Hasil penelitian menunjukan nilai – nilai maskulinitas dan feminitas melalui pakaian dan tindakan yang dilakukan. Pada konotasinya, maskulinitas dan feminitas ditunjukan melalui ekspresi wajah, tindakan yang dilakukan dan simbol berupa benda.

Kata kunci: Film Moana, Maskulinitas dan Feminitas, Semiotika

Subjek

SEMIOTICS
 

Katalog

REPERESENTASI MASKULINITAS DAN FEMINITAS DALAM KARAKTER MOANA
 
 
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF NUGRAHA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
BANDUNG
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini