Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bei Tahun 2008-2011)

Nabila Adytia Septiana Gunawan

Informasi Dasar

17.04.3939
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Nilai perusahaan diukur dengan price book value (PBV) dengan membandingkan harga saham penutupan dengan nilai buku perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011. Faktor-faktor yang dianalisis dalam penelitian ini adalah profitabilitas, struktur modal, keputusan investasi dan kebijakan dividen sebagai variabel independen dan praktik nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitan deskriptif verifikatif bersifat kausalitas. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2011, dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan sebanyak 56 sampel perusahaan. Penelitian ini menggunakan pool data. Pool data adalah gabungan data times series dengan cross section. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Panel Data, uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan pada tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan variabilitas variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabilitas variabel independennya sebesar 96.13% dan sisanya sebesar 3.87% dijelaskan oleh variabel independen lain diluar model. Variabel independen profitabilitas dan keputusan investasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel independen struktur modal, dan kebijakan dividen secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci : profitabilitas, struktur modal, keputusan investasi, kebijakan dividen dan nilai perusahaan.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bei Tahun 2008-2011)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nabila Adytia Septiana Gunawan
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini