PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Masuk dalam Indeks LQ 45 Selama Tahun 2011-2012)

RINA ANGGRAYUNI

Informasi Dasar

17.04.3985
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berinvestasi dalam saham sudah menjadi suatu hal yang sering dilakukan oleh para investor. Keberhasilan investor untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi dalam saham dibutuhkan pengetahuan serta informasi yang mendukung dan memiliki kemampuan dalam mengolah dan menganalisis informasi yang ada. Salah satu informasi tersebut yaitu dengan melihat pola perubahan return saham pada hari perdagangan. Pada pasar modal terdapat anomali pasar yang merupakan penyimpangan terhadap teori pasar modal efisien. Anomali adalah salah satu bentuk dari fenomena yang ada di pasar. Pada anomali ditemukan hal-hal yang seharusnya tidak ada bilamana dianggap bahwa pasar efisien benar-benar ada. Artinya, suatu peristiwa (event) dapat dimanfaatkan untuk memperoleh abnormal return. Dengan kata lain seorang investor dimungkinkan untuk memperoleh abnormal returndengan mengandalkan suatu peristiwa tertentu. Dalam penelitian ini fokus pada anomali musiman (seasonal anomali) yang terdiri dari day of the week effect, week-four effect, dan Rogalski effect. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhhari perdagangan terhadap return saham. Penelitian ini mengujiday of the week effect, week-four effect, dan Rogalski effect. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskrtiptif komparatif.Populasi dalam penelitian ini adalah 59 perusahaan yang masuk dalam indeks LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2012. Sampel terdiri dari 31 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder.Metode pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah ANOVA, one sample t-test, danindependent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi day of the week effect dimana return terendah dan negatif terjadi pada hari Kamis (Thursday effect). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terjadi fenomena week-four effect, namun penelitian tidak berhasil membuktikan adanya Rogalski effect pada bulan Januari dan April. Keywords: day of the week effect, week-four effect, rogalski effect.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH HARI PERDAGANGAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Masuk dalam Indeks LQ 45 Selama Tahun 2011-2012)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RINA ANGGRAYUNI
Perorangan
CAHYANINGSIH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini