“Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Penawaran Saham Perdana (Studi pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2012)”

EKY RIZKY PRAMUDIA

Informasi Dasar

17.04.4005
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Underpricing adalah hasil dari ketidakpastian harga saham pada pasar perdana yang terjadi karena adanya asymmetry information yang dimiliki oleh pihak-pihak yang terlibat dalam penawaran perdana yaitu emiten, underwriter, dan masyarakat pemodal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah dan apakah current ratio, return on asset, debt equity ratio, earning per share, umur perusahaan, dan reputasi underwriter terdapat pengaruh terhadap underpricing secara parsial dan simultan perusahaan yang melakukan IPO di BEI periode 2009-2012. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskrtiptif verifikatif bersifat kausalitas. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009-2012 dengan sampel sebanyak 47 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang dikumpulkan dan digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui studi dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang telah memenuhi pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu current ratio, return on asset, debt equity ratio, earning per share, umur perusahaan, dan reputasi underwriter secara simultan berpengaruh terhadap underpricing. Sementara itu secara parsial, hanya variable reputasi underwriter yang berpengaruh terhadap underpricing. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R2= 26.8% yang berarti seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu underpricing sebesar 26.8 %.

Keywords:Current ratio, debt equity ratio, earning per share, reputasi underwriter, return on asset, umur perusahaan, dan underpricing.

Subjek

MANAGEMANT ACCOUNTING
 

Katalog

“Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Tingkat Underpricing Pada Perusahaan Yang Melakukan Penawaran Saham Perdana (Studi pada Perusahaan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2012)”
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKY RIZKY PRAMUDIA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini