“Peranan Audit Pemasaran dalam Menunjang Implementasi Kebijakan dan Strategi Pemasaran Layanan Jasa Pengiriman Uang DELIMA (Studi Kasus PT.Telekomunikasi Indonesia).”

FITRI MEI LESTARI

Informasi Dasar

17.04.4021
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) “migrant for Indonesia” menyatakan bahwa tenaga kerja indonesia yang bekerja di luar negeri telah mengirimkan uang sebanyak US$ 6.6 million kepada sanak keluarganya di Indonesia melalui berbagai macam media salah satunya menggunakan jasa pengiriman uang.  Salah satu faktor yang mempengaruhi kebijakan dan strategi pemasaran telah diterapkan dengan baik pada layanan jasa pengiriman uang yaitu peran dari auditor internal khususnya dari bagian Marketing Audit (Audit Pemasaran). Audit pemasaran merupakan suatu tinjauan formal dan sistematis pada strategi dan rencana pemasaran yang diambil. Tujuannya adalah untuk melihat seberapa baik perusahaan dalam menerapkan konsep pemasarannya. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kememadaian pelaksanaan audit pemasaran pada TELKOM khususnya pada layanan jasa DELIMA. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui kebijakan dan strategi yang ditempuh manajemen serta mengetahui apakah rekomendasi auditor atas hasil temuan audit telah dijadikan rujukan dalam implementasi atas kebijakan dan strategi pemasaran tersebut. 

 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus yang menggambarkan keadaan objek penelitian yang sebenarnya. Metode ini menafsirkan, menganalisa dan menguraikan data dan informasi secara jelas yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yaitu layanan jasa pengiriman uang DELIMA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu para auditor internal TELKOM dengan total 31 responden yang dijadikan sampel.

 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan audit pemasaran DELIMA telah memadai karena adanya fungsi kepatuhan, fungsi pemeriksaan, serta adanya internal audit yang memenuhi syarat independensi, kompetensi, lingkup pekerjaan yang memadai. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan jawaban kuesioner dengan rata-rata total skor 3,63 yang diinterpretasikan bahwa audit pemasaran berperan dalam menunjang implementasi kebijakan dan strategi pemasaran DELIMA. 

Kata kunci: Audit Pemasaran, Kebijakan dan Strategi pemasaran, Pengiriman Uang, DELIMA

Subjek

AUDIT INTERNAL
 

Katalog

“Peranan Audit Pemasaran dalam Menunjang Implementasi Kebijakan dan Strategi Pemasaran Layanan Jasa Pengiriman Uang DELIMA (Studi Kasus PT.Telekomunikasi Indonesia).”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FITRI MEI LESTARI
Perorangan
TRIMANTO SETYO WARDOYO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SA641143 - MANAJEMEN AUDIT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini