PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY), DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (EARNING RESPONSE COEFFICIENT)(Studi Empiris pada Perusahaan Telekomunikasi di BEI Periode 2007-2010)

LYOMI YUSPIKA SIMAMORA

Informasi Dasar

17.04.4030
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) merupakan pengungkapan informasi yang dilakukan perusahaan tentang aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan lingkungan, dan sosial perusahaan. Pengungkapan informasi CSR dapat memberikan informasi tambahan kepada para investor selain dari yang sudah tercakup dalam laba akuntansi. Untuk mengukur seberapa besar reaksi pasar terhadap informasi laba perusahaan dikenal istilah koefisien respon laba (earning response coefficient). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan karakteristik perusahaan (yang terdiri dari leverage,growth,dan size) terhadap koefisien respon laba (ERC) pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2010. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas dengan industri telekomunikasi sebagai objek penelitian. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel penelitian ini adalah sebanyak empat perusahaan yaitu PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT. Indosat Tbk, PT. Bakrie Telecom Tbk, dan PT. XL Axiata Tbk. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda (multiple regression analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, dan karakteristik perusahaan yang terdiri dari leverage, growth, dan size, secara simultan berpengaruh signifikan terhadap koefisien respon laba (earning response coefficient) dengan koefisien determinasi sebesar 57,7%. Secara parsial pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif terhadap ERC. Growth berpengaruh signifikan dengan arah hubungan negatif dan size tidak berpengaruh signifikan dengan arah hubungan positif terhadap ERC.

Keywords: CSR Disclosure, Leverage, Growh, Size, ERC.

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY), DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (EARNING RESPONSE COEFFICIENT)(Studi Empiris pada Perusahaan Telekomunikasi di BEI Periode 2007-2010)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LYOMI YUSPIKA SIMAMORA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini