’Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Abnormal Return Di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Indeks LQ45 Tahun 2009-2011)

BOY DOLOK FERDINAND SIHOMBING

Informasi Dasar

17.04.4052
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengumuman dividen yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia akan mempengaruhu reaksi pasar, dalam hal ini investor dan calon investor. Ada tidaknya reaksi pasar dapat dilihat dari perubahan harga sahamnya disekitar tanggal pengumuman dividen oleh perusahaan yang termasuk dalam jajaran LQ45 yaitu 5 hari sebelum pengumuman dividen, pada saat pengumuman dividen, dan 5 hari sesudah pengumuman dividen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara dividen terhadap abnormal return. Dengan menggunakan sampel perusahaan yang termasuk dalam jajaran LQ45 yang konsisten membayarkan dividen tunai kepada para pemegang sahamnya dari tahun 2009-2011.
Penelitian ini merupakan penelitian event study yang dimana dilakukan pengamatan selama sebelas hari yaitu lima hari sebelum pengumuman dividen, saat hari pengumuman dividen, dan lima hari sesudah pengumuman dividen. Data yang digunakan adalah data sekunder yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t secara parsial dapat diketahui bahwa nilai koefisien beta dividen sebesar -0.022 dan thitung = -0.294 dengan nilai sig-t = 0.769, sehingga H0 diterima yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan dividen (DPR) terhadap abnormal return.

Kata Kunci: Dividen ; Abnormal Return

Subjek

DIVIDENDS
 

Katalog

’Analisis Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Abnormal Return Di Bursa Efek Indonesia (Studi pada Indeks LQ45 Tahun 2009-2011)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BOY DOLOK FERDINAND SIHOMBING
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini