PENGARUH BIAYA OVERHEAD, VOLUME PEMBIAYAAN, BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA, DAN TINGKAT SUKU BUNGA BI TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH(Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri)

ADHI BAGUS NUGROHO

Informasi Dasar

17.04.4077
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Bank syariah sebagai salah satu industri perbankan yang terdapat di Indonesia. Bank syariah hadir dalam industri perbankan dengan salah satu kegiatan operasionalnya yang sesuai dengan prinsiup syariah, yaitu pembiayaan dengan akad murabahah yang mengahasilkan pendapatan bagi bank syariah dalam bentuk pendapatan margin murabahah.
 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan margin murabahah pada PT Bank Syariah Mandiri. Faktor-faktor yang dianalisis sebagai determinan pendapatan margin murabahah meliputi biaya overhead, volume pembiayaan, bagi hasil dana pihak ketiga, dan tingkat suku bunga BI.
 Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verifikatif. Penelitian ini menggunakan data time series design  dari bulan Januari 2009 sampai Desember 2011. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sudah memenuhi syarat pengujian asumsi klasik.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen, yaitu biaya overhead, volume pembiayaan, bagi hasil dana pihak ketiga dan tingkat suku bunga BI secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan margin murabahah. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi R square = 99,6%, artinya seluruh variabel independen dapat menjelaskan variasi dari variabel pendapatan margin murabahah sebesar 99,6%. Secara empiris pengaruh determinan pendapatan margin murabahah meliputi biaya overhead, volume pembiayaan, dan bagi hasil dana pihak ketiga, sedangkan faktor lain yang juga diuji pada penelitian ini, yaitu tingkat suku bunga BI, tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan margin murabahah.

Keywords : margin murabahah, biaya overhead, volume pembiayaan, bagi hasil dana pihak ketiga dan tingkat suku bunga BI.

Subjek

SHARIA-BANKING
 

Katalog

PENGARUH BIAYA OVERHEAD, VOLUME PEMBIAYAAN, BAGI HASIL DANA PIHAK KETIGA, DAN TINGKAT SUKU BUNGA BI TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH(Studi Kasus pada PT Bank Syariah Mandiri)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHI BAGUS NUGROHO
Perorangan
YANE DEVI ANNA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini