PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENUMBUHKAN SARAPAN SEHAT DIKALANGAN REMAJA

ERLAN ERLANGGA

Informasi Dasar

17.04.4083
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENUMBUHKAN KESADARAN SARAPAN SEHAT DIKALANGAN REMAJA

Oleh Erlan Erlangga NPM: 108300016

Sarapan bagi anak sekolah sangatlah penting, karena sekolah adalah waktu yang penuh aktivitas yang membutuhkan energi yang cukup tinggi. Sarapan bukan sekedar pengganjal perut sebab sarapan yang tepat akan dapat mempersiapkan anak untuk beraktivitas di sekolah sekaligus mempersiapkan otak agar dapat bekerja optimal. Anak yang tidak terbiasa melakukan sarapan sangat rentan dengan berbagai penyakit, seperti hipoglikemi (kadar glukosa darah yang rendah), pusing, keringat dingin, lemas, dan tidak bergairah sehingga aktivitas terganggu. Selain itu tidak melakukan sarapan juga dapat menurunkan konsentrasi belajar dan daya tahan tubuh. Kebanyakan remaja sekarang ini sudah mulai mengesampingkan kebiasaan sarapan. Dengan dipilihnya remaja sebagai target kampanye dimaksudkan agar mengajak target untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat khususnya remaja mengenai pentingnya melakukan sarapan.

Dalam hal ini dibutuhkan media yang dapat menyampaikan informasi secara langsung kepada remaja. Dalam penyampaian pesan kampanye, pemilihan media dipilih berdasarkan tiga tahapan kampanye yaitu tahapan conditioning, tahap informing, dan tahap reminding. Untuk conditioning dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran remaja untuk terbiasa melakukan sarapan. Untuk tahapan informing dimaksudkan untuk memberikan informasi-informasi mengenai pentingnya melakukan sarapan. Dan yang terakhir tahapan reminding atau tahapan pengingat, media ini digunakan untuk mengingatkan remaja untuk terus melakukan sarapan.

Yang perlu diperhatikan dalam merancang media diantaranya adalah warna, tipograpfi, dan layout. Dengan perpaduan ketiga daktor tersebut akan menghasilkan perancangan yang menarik. Informasi yang tercantum di dalam media-media tersebut diharapkan meningkatkan kesadaran remaja untuk melakukan sarapan.

Kata kunci : Sarapan, Kampanye sosial, Remaja

Subjek

SOCIAL SCIENCES
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA VISUAL KAMPANYE SOSIAL MENUMBUHKAN SARAPAN SEHAT DIKALANGAN REMAJA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERLAN ERLANGGA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini