Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu Tahun 2012)

MUHAMMAD YUDHA KUSUMAWARDANA

Informasi Dasar

17.04.4105
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepemimpinan sebagai salah satu penentu arah, tujuan, strategi perusahaan harus mampu menindaklanjuti keadaan lingkungan bisnis yang dinamis dan memberikan respon secara cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional, yaitu idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu tahun 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kausalitas. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan responden sebanyak 52 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang terdiri dari kuesioner idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individualized consideration, dan kuesioner kinerja karyawan. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif mengenai tanggapan responden terhadap Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Karyawan antara lain Idealized Influence sebesar 83,92%, Inspirational Motivation sebesar 77,92%, Intellectual Stimulation sebesar 79,18%, Individualized Consideration sebesar 77,98%, dan terhadap Kinerja Karyawan sebesar 82,29%. Hasil penelitian ini secara simultan, Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 59%. Secara parsial dapat disimpulkan hanya dimensi Idealized Influence yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 20,2%. Sedangkan sisanya tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan PPN Palabuhanratu melakukan kajian ulang terhadap Kepemimpinan Transformasional yang diterapkan, serta pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan lebih dalam mengenai Kepemimpinan Transformasional yang dikaitkan dengan teori lain yang berhubungan dengan karyawan ataupun instansi pada umumnya.

Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional dan Kinerja Karyawan

Subjek

LEADERSHIP
 

Katalog

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu Tahun 2012)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YUDHA KUSUMAWARDANA
Perorangan
ADE IRMA SUSANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini