PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011–2015)

MUHAMMAD REZA ALVIANSYAH

Informasi Dasar

18.04.220
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari investasi yang dilakukan oleh investor. Pertumbuhan sektor pertambangan terus mengalami penurunan, hal tersebut dapat dilihat dari pertumbuhan ekspor dan return saham yang dihasilkan oleh sektor pertambangan pada tahun 2011-2015 tumbuh negatif. Perolehan laba yang dihasilkan oleh perusahaan akan berdampak pada tingkat return saham yang dihasilkan oleh perusahaan yang nantinya akan diberikan kepada investor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan return saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan baik secara simultan maupun parsial terhadap return saham pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif bersifat kausalitas dan termasuk dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang memperoleh 9 sampel penelitian dalam kurun waktu 5 tahun sehingga di dapat 45 unit sampel perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Secara parsial leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi informasi untuk mengambil keputusan bagi investor dalam berinvestasi pada sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dimasa yang akan datang. Bagi perusahaan penelitian ini diharapkan menjadi informasi untuk memperbaiki kinerja keuangan perusahaan yang dapat mempengaruhi return saham.

Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Return Saham

Subjek

FINANCIAL ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011–2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD REZA ALVIANSYAH
Perorangan
Leny Suzan
 

Penerbit

Universitas Telkom, Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini