Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public Periode 2008-2010)

Ika Riski Dianawati

Informasi Dasar

S.722
658.151 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Agensi teori mengakibatkan hubungan yang tidak asimetri antara pemilik dan pengelola. Untuk menghindari terjadi hubungan yang tidak asimetri tersebut dibutuhkan suatu konsep yaitu konsep corporate governance yang bertujuan menjadikan perusahaan menjadi lebih baik dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan dan mekanisme corporate governance dalam hal ini ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen dan komite audit terhadap manajemen laba. Ukuran perusahaan diukur dengan jumlah total asset yang di logaritma naturalkan, mekanisme corporate governance diukur menggunakan tiga variabel (ukuran dewan direksi, proporsi komisaris independen dan komite audit). Manajemen laba diukur dengan discretionary accruals menggunakan model Jones dimodifikasi. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan telekomunikasi yang go public periode 2008-2009. Data penelitian diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan telekomunikasi yang go public periode 2008-2010. Berdasarkan metode purposive sampling sampel yang diperoleh sebanyak 5 perusahaan telekomunikasi. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap manajeme laba adalah komite audit. Selanjutnya, variabel independen ukuran perusahaan, ukuran dewan direksi dan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Kata kunci: ukuran perusahaan, corporate governance, manajemen laba

Subjek

PROFIT MANAGEMENT
PROFIT MANAGEMENT, CORPORATE GOVERNANCE, FINANCIAL MANAGEMENT

Katalog

Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang Go Public Periode 2008-2010)
 
xiii, 95p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Ika Riski Dianawati
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini