Studi Analisis Akurasi Tertinggi Pengukuran Tekanan Darah berbasis Metode Pulse Transit Time

MUHAMMAD RHEZA AJI PARAMARTA

Informasi Dasar

18.04.449
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tekanan darah adalah suatu indikator untuk mengetahui keadaan dari sistem kardiovaskular dan membantu tenaga medis untuk melakukan penanganan yang cocok[1]. Nilai tekanan darah sistolik yang normal adalah 120mmHg, tapi tidak terikat bahwa setiap orang memiliki nilai tekanan darah sistolik normal yang sama. Penggunaan dari pengukuran tekanan darah adalah untuk mengetahui keadaan sistem kardiovaskular pada saat kegiatan sehari-hari.

Metode non-invasif yang menjadi alternatif adalah Pulse Transit Time, dimana metode ini berdasarkan interval waktu dari dua titik yang berbeda. Titik-titik tersebut dapat menggunakan dua alat, yaitu elektrokardiogram yang diletakkan pada tubuh atau lengan dan fotopletismogram yang diletakkan pada jari. Pada metode ini, banyak juga rumus-rumus yang sudah dibuat dan memiliki error rate yang beragam. Metode ini menghilangkan penggunaan manset yang mengganggu saat pendeteksian tekanan darah.

Pada tugas akhir ini dianalisis tingkat akurasi dari purwarupa alat tekanan darah sistolik menggunakan metode Pulse Transit Time sebagai metode deteksi tekanan darah non-invasif. Purwarupa alat tekanan darah menggunakan sensor elektrokardiogram dan fotopletismogram sebagai perekam sinyal EKG dan PPG. Analisis hasil data tekanan darah dari purwarupa alat akan dibandingkan dengan hasil data tekanan darah dari tensimeter digital.

Subjek

MICROCONTROLLER
 

Katalog

Studi Analisis Akurasi Tertinggi Pengukuran Tekanan Darah berbasis Metode Pulse Transit Time
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RHEZA AJI PARAMARTA
Perorangan
Satria Mandala, Andrian Rakhmatsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CNG4A3 - JARINGAN KOMPUTER LANJUT
  • CNG4J3 - TOPIK KHUSUS TELE 1

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini