Analisis Sentimen Ulasan TripAdvisor Pada Tempat Wisata Menggunakan Ontology Supported Polarity Mining (OSPM) (Studi Kasus: Bandung)

DESSY KOESUMANINGRUM

Informasi Dasar

18.04.651
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Review tentang tempat wisata menjadi salah satu hal yang sangat penting di jaman sekarang. Banyak website yang menyediakan review suatu tempat wisata, salah satunya TripAdvisor. Dalam website tersebut banyak sekali review yang tertulis sehingga menciptakan berbagai aspek penilaian dan sentimen (seperti sentimen positif dan negatif). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan analisis sentimen ulasan TripAdvisor pada tempat wisata sehingga dapat diketahui aspek penilaian apa saja yang sering dibahas oleh pengunjung serta dapat menentukan penilaian secara spesifik. Berdasarkan ide tersebut, Metode OSPM dipilih karena dapat meningkatkan penambangan polaritas dengan ontology yang memberikan informasi suatu topik secara terperinci. Penambangan polaritas bertugas untuk menentukan kategorisasi topik dan orientasi positif dan negatif pada sebuah informasi. Selain itu, penelitian ini juga menguji performa penilaian tempat wisata dalam menangani klasifikasi aspek dan klasifikasi sentimen dengan menggunakan metode OSPM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Ontology dapat digunakan untuk mengklasifikasikan aspek serta polaritas dengan cara mencocokkan kata atau frasa yang muncul di dalam review dengan kata atau frasa yang terdapat di dalam ontology. Dari analisis tersebut diperoleh rata-rata precision dan akurasi klasifikasi aspek dan sentimen dengan menggunakan metode ontology sebesar 87% dan 83% untuk tempat wisata Sari Ater, Kawah Putih, dan Tangkuban Perahu. Kata Kunci: TripAdvisor, sentiment analysis, Ontology Supported Polarity Mining (OSPM), ontology.

Subjek

RESEARCH AND DEVELOPMENT
 

Katalog

Analisis Sentimen Ulasan TripAdvisor Pada Tempat Wisata Menggunakan Ontology Supported Polarity Mining (OSPM) (Studi Kasus: Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESSY KOESUMANINGRUM
Perorangan
ANISA HERDIANI, DANA SULISTYO KUSUMO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini