Pengaruh Bauran Pemasaran Telepon seluler Samsung Berbasis Android terhadap Brand Awareness (Studi Kasus di Institut Manajemen Telkom Tahun 2011)

Rangga Tri Raeros

Informasi Dasar

S.751
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat pengaruh yang diciptakan bauran pemasaran telepon selular Samsung berbasis Android terhadap brand awareness (kesadaran merek) konsumen. Variabel-variabel dalam bauran pemasaran ada 4, yaitu, produk, harga, tempat/lokasi, dan promosi. Kemudian dapat dilihat pengaruh ke empat variabel bauran pemasaran tersebut hingga pada akhirnya konsumen dapat menyadari dan dapat mengingat dengan baik adanya suatu produk. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis tanggapan terhadap bauran pemasaran produk Samsung berbasis Android, untuk mengetahui brand awareness (kesadaran merek) konsumen dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran produk Samsung berbasis Android terhadap brand awareness pasar telepon selular. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari kuesioner. Data hasil kuesioner diolah menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, ternyata terdapat pengaruh secara simultan dari variabel product, price, place, dan promotion Samsung berbasis Android terhadap kesadaran merek seseorang, yaitu dengan R Square sebesar 0,843 atau menunjukan bahwa 84,3% kesadaran merek seseorang dipengaruhi oleh bauran pemasaran Samsung berbasis Android. Dengan analisis ini juga, ternyata besarnya kontribusi product, price, place, dan promotion Samsung berbasis Android berbeda-beda terhadap brand awareness seseorang. Dari keseluruhan variabel X, promotion (X4) memiliki pengaruh lebih besar daripada variabel lainnya terhadap kesadaran merek seseorang. Yaitu dengan pengaruh total sebesar 75,3%. Hal ini berpengaruh besar pada kesadaran seseorang terhadap merek. Karena itu promosi menjadi informasi agar dapat mengenal, mengingat dan memahami dengan baik suatu produk. Semakin baik promosi suatu produk, maka akan semakin mempengaruhi brand awareness seseorang.

Kata Kunci : Marketing Mix, Product, Price, Place, Promotion, Brand Awareness

Subjek

MARKETING MIX-MARKETING STRATEGY
MARKETING MIX-MARKETING STRATEGY, BRAND PREFERENCES

Katalog

Pengaruh Bauran Pemasaran Telepon seluler Samsung Berbasis Android terhadap Brand Awareness (Studi Kasus di Institut Manajemen Telkom Tahun 2011)
 
xiii, 131p.: il.; 21cm+ lampiran.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Rangga Tri Raeros
Perorangan
Prodi MBTI
 

Penerbit

IM Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini