PERBANDINGAN KONSTRUKSI PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Pada Media Online Kompas.com dan Tempo.co)

MUHAMMAD ROFIUDIN SUPRIMANTO

Informasi Dasar

18.04.880
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini mengenai analisis framing media online pada pemberitaan Pilkada DKI Jakarta 2017. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana Kompas.com dan Tempo.co dalam membingkai realitas yang yang terjadi saat Pilkada DKI Jakarta 2017 berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teori Analisis Framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Selain itu model analisis framing ini menggunakan pendekatan linguistik seperti pemakaian kata, pemilihan struktur, dan bentuk kalimat yang mengarah pada bagaimana peristiwa dibingkai oleh media. Objek penelitian ini adalah pemberitaan mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Kompas.com melakukan pemberitaannya mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 lebih berpihak kepada pasangan Ahok-Djarot. Sedangkan, pemberitaan yang dilakukan Tempo.co berusaha untuk tidak memanaskan isu-isu yang terjadi selama Pilkada DKI Jakarta 2017, Namun, pada beberapa isu yang dibahas, Tempo terlihat mencoba menjaga citra dan meredam isu yang berkaitan dengan pasangan AhokDjarot. Kata Kunci: Analisis Framing, Pan dan Kosicki, Berita, Pilkada DKI Jakarta

Subjek

COMMUNICATION-MEDIA
 

Katalog

PERBANDINGAN KONSTRUKSI PEMBERITAAN PILKADA DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Pada Media Online Kompas.com dan Tempo.co)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ROFIUDIN SUPRIMANTO
Perorangan
Agus Aprianti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Ilmu Komunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini