PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM (Studi pada UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha)

MUHAMMAD IRFAN PRATAMA

Informasi Dasar

18.04.1056
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan pada UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha. UMKM yang menjadi binaan KSU Misykat diberikan pendampingan berupa khasanah keilmuan tentang berwirausaha sekaligus mendalami ilmu keagamaan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha.
Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling pada non-probability sampling yaitu sampling jenuh karena anggota populasi berjumlah kurang dari 30 orang dan seluruh populasi merupakan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada seluruh responden yaitu, UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh terhadap kinerja UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha. Hal ini memiliki implikasi bahwa dengan literasi keuangan yang baik diharapkan UMKM akan mampu membuat keputusan manajemen dan keuangan yang tepat untuk peningkatan kinerja usaha. Dengan temuan ini diharapkan muncul dukungan yang signifikan dari pemerintah, akademisi, swasta, dan komunitas sebagai pendorong untuk pengembangan literasi keuangan pada UMKM.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM (Studi pada UMKM Binaan KSU Misykat Wilayah Tegallega dan Mohamad Toha)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN PRATAMA
Perorangan
Hendrati Dwi Mulyaningsih
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini