REPRESENTASI FEMINISEM DALAM FILM 3 SRIKANDI (studi analisis semiotika roland barthes mengenai feminisme dalam film 3 srikandi)

YOLLA APRILIA NARDI

Informasi Dasar

18.04.1079
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Feminisme merupakan sebuah paham yang muncul ketika perempuan menuntut untuk mendapatkan kesetaraan, kedudukan, derajat, dan hak-hak yang sama dengan laki-laki. Saat ini gerakan feminisme semakin berkembang hal tersebut dapat dilihat dari bentuk perjuangan perempuan untuk mendapatkan kesetaraan pandangan dalam kehidupan bermasyarakat, dilakukan salah satunya direpresentasikan melalui sebuah film. Film merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menginformasikan dan juga memberi pandangan lain mengenai sebuah kehidupan salah satunya pandangan terhadap perempuan. Film ini berjudul “3 Srikandi” tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui representasi feminisme dalam film “ 3 Srikandi” melalui tanda tanda yang di dapatakan dari adegan dan dialog. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan paradigma kritis, dengan pendekatan kualitatif dan analisis semiotika Roland Barthes.Hasil penelitian menunjukan feminisme diperlihatkan pada perempuan yang dapat bekerja seperti hal nya yang biasa laki-laki lakukan dan perempuan mempunyai pendidikan yang tinggi setara dengan laki-laki serta perempuan mampu berkompetisi berjuang untuk membawa nama Indonesia ke dunia dengan mengikuti kejuaraan seagames.

Kata Kunci : feminisme , Representasi , Film ? ABSTRACT

Feminism is a theory that arise when women are demanding to get equality, position, degree, and rights equal to men. Currently the movement of feminism has been growing, it can be seen one of them with the form of women's struggle to get equality of views in community life, performed one of them represented through a film. The film is one media that can be used to inform and also gives another view of a life of one's views on women. The film was titled "3 Srikandi" the purpose of this research is to know the representation feminism in the film "3 Srikandi" through a sign in got from the scene and dialogue. To achieve the purpose of the study, researchers used the critical paradigm, with a qualitative approach and analysis of semiotics Roland Barthes. Results of the research showed the feminism shown on women who can work as well as his usual thing men do and women have high education on a par with men as well as women were able to compete are struggling to bring Indonesia into the world with the name follows the seagames Championship.

Keywords : Feminism, Representation, Movies

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

REPRESENTASI FEMINISEM DALAM FILM 3 SRIKANDI (studi analisis semiotika roland barthes mengenai feminisme dalam film 3 srikandi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOLLA APRILIA NARDI
Perorangan
ADI BAYU MAHADIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini