PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM (Studi pada UMKM Anggota Binaan Koperasi Serba Usaha (KSU) Misykat DPU DT di Bandung Raya Tahun 2017 )

WAHYU RUMBIANINGRUM

Informasi Dasar

18.04.1095
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM pada anggota binaan KSU Misykat DPU-DT di Bandung Raya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana tingkat literasi keuangan pada UMKM, bagaimana pengelolaan keuangan UMKM, dan besarnya pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan UMKM pada anggota binaan KSU Misykat DPU DT di Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling jenis simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 72 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (5,792> 1,994) dengan tingkat signifikasinya 0,000<0,005. Berdasarkan hasil koefisien determinasi dihasilkan bahwa menunjukkan bahwa Literasi Keuangan berpengaruh terhadap Pengelolaan Keuangan sebesar 32,4% sedangkan 67,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini, literasi keuangan pada UMKM anggota binaan KSU Misykat DPU DT di Bandung Raya termasuk dalam kategori rendah, Hal ini perlu ditingkatkannya pengetahuan mengenai keuangan agar membantu UMKM dalam mengelola keuangan. Rendahnya literasi keuangan UMKM pada penelitian ini dipengaruhi oleh beberapa hal yakni tingkat Pendidikan, Penerimaan Informasi mengenai keuangan, dan Usia dari pelaku UMKM.

Kata kunci : Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan, UMKM

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM (Studi pada UMKM Anggota Binaan Koperasi Serba Usaha (KSU) Misykat DPU DT di Bandung Raya Tahun 2017 )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU RUMBIANINGRUM
Perorangan
Candra Wijayangka
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini